Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Buah Jambu Air untuk Perempuan

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 29 Juli 2021 | 11:49 WIB
 Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Buah Jambu Air untuk Perempuan

ILUSTRASI. 5 Manfaat Buah Jambu Air untuk Perempuan. KONTAN/Muradi/2020/08/04

MOMSMONEY.ID - Manfaat buah jambu air ternyata sangat beragam. Karena itulah perempuan dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai sayur dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, salah satu buah yang sebaiknya dikonsumsi adalah jambu air.

Tanaman jambu air merah banyak dijumpai di halaman rumah atau kebun. Untuk di kawasan perkotaan, tanaman jambu air merah banyak ditanam di dalam pot.

Buah jambu air merah kerap dijadikan buah untuk rujak. Ini manfaat jambu air merah untuk perempuan yang jarang ketahui.   

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan 5 manfaat buah jambu air untuk perempuan, yang jarang diketahui. 

1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh 

Tubuh sering mengalami dehidrasi karena banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Terlebih saat nafsu makan berkutang,  hal ini dapat menyebabkan jumlah cairan dalam tubuh terus berkurang.

Per 100 g jambu air memiliki kandungan 90% air.  Dengan kandungan air yang tinggi, buah jambu air mampu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, sehingga tetap terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: Lengkap! Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

2. Menutrisi Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi mampu menutrisi kulit dan membantu produksi kolagen untuk menghasilkan sel-sel kulit yang lebih sehat untuk mencegah penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat jambu air untuk perempuan yang mungkin belum banyak diketahui orang banyak.

 3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah jambu air mampu berfungsi sebagai antimikroba dan antioksidan. Keduanya mampu membantu tubuh melawan radikal bebas dalam tubuh. 

Adanya kandungan antioksidan juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu mencegah peradangan kulit dan penyakit jantung.  

4. Menghilangkan rasa tidak nyaman saat masa Kehamilan

Jambu air bermanfaat untuk meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman selama masa kehamilan. Rasa tidak nyaman pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon progesteron yang dapat menyebabkan mual, pusing, hingga mood yang berubah-ubah. 

Baca Juga: Tanaman Herbal ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

5. Menurunkan Kolesterol 

Jambu air menjadi salah satu buah yang dapat membantu menurunkan kadar LDL kolesterol jahat dan meningkatkan HDL kolesterol baik. Dengan kandungan sodium tinggi yang menjadi penyeimbang kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Selanjutnya: 5 Tanaman Herbal yang Ampuh Menyembuhkan Penyakit Mata

Editor: Helvana Yulian
Terbaru