HOME, Keluarga

Jangan Tertukar, Ini Bedanya Membersihkan dan Mendisinfeksi

Jangan Tertukar, Ini Bedanya Membersihkan dan Mendisinfeksi

MOMSMONEY.ID - Membersihkan rumah menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan setiap penghuni rumah, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Membersihkan rumah secara rutin dapat membantu mencegah penyebaran virus dan partikel merugikan lainnya di rumah.

Istilah-istilah yang berkaitan dengan kebersihan seperti disinfeksi dan sanitasi mungkin juga sudah mulai akrab di telinga Anda. Namun, tahukah Anda bahwa kata membersihkan dan mendisinfeksi sebenarnya berbeda?

Ya, walaupun kedengarannya sama saja, kedua kata tersebut sebenarnya memiliki arti yang cukup berbeda. Anda pun perlu memahami arti kedua kata tersebut supaya tidak keliru saat menyebutkannya.

Dilansir dari US Center of Disease Control (CDC), berikut perbedaan antara kegiatan membersihkan dan mendisinfeksi. Sebagai tambahan, ada juga penjelasan mengenai kegiatan sanitasi. Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Baca Juga: Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat, Jangan Sampai Salah Pilih

Membersihkan (Cleaning)

Membersihkan atau cleaning adalah kegiatan untuk menyingkirkan atau menghilangkan kuman, bakteri, dan kotoran dari suatu permukaan atau objek.

Ketika membersihkan sesuatu, Anda dapat menggunakan air dan sabun (atau deterjen) untuk menyingkirkan kuman dan bakteri dari permukaan atau objek tersebut.

Proses membersihkan tidak selalu membunuh kuman dan bakteri, tapi tetap dapat membantu mengurangi jumlahnya dan menurunkan risiko penyebaran penyakit.

Mendisinfeksi (Disinfecting)

Sementara itu, mendisinfeksi atau disinfecting merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di suatu permukaan atau objek.

Proses disinfeksi dilakukan dengan cara menggunakan bahan-bahan kimia (atau disinfektan) untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel di permukaan atau objek tersebut.

Berkebalikan dengan proses membersihkan, proses disinfeksi tidak selalu membersihkan permukaan yang kotor dan menyingkirkan kuman. Namun, jika proses ini dilakukan setelah membersihkan suatu permukaan atau objek, risiko penyebaran penyakit juga dapat diturunkan.

Baca Juga: Bingung Memilih Warna yang Cocok Untuk Kamar Mandi? Berikut Rekomendasinya

Sanitasi (Sanitizing)

Ketika membicarakan soal kebersihan, tentu Anda sering mendengar istilah sanitasi atau sanitizing. Tapi, apa itu proses sanitasi?

Sanitasi adalah proses untuk menurunkan jumlah kuman dan bakteri hingga mencapai tingkat yang aman pada suatu permukaan dan objek. Penurunan jumlah kuman dan bakteri yang dianggap aman tersebut sudah diatur menurut standar atau syarat kesehatan.

Proses sanitasi bisa dilakukan melalui proses membersihkan atau mendisinfeksi suatu permukaan atau objek untuk menurunkan risiko penyebaran penyakit.

Nah, itulah perbedaan antara proses membersihkan dan mendisinfeksi. Bagaimana, sekarang sudah paham kan perbedaan keduanya? Jangan keliru lagi, ya!

Selanjutnya: Mitos Seputar Kebersihan Rumah yang Banyak Dilakukan, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News