HOME, Bugar

Jangan Takut! Ini 7 Cara Mengatasi Alergi Kosmetik

Jangan Takut! Ini 7 Cara Mengatasi Alergi Kosmetik

MOMSMONEY.ID - Alergi ringan yang disebabkan oleh kosmetik dapat memunculkan rasa tidak nyaman, gatal, panas, bengkak dan wajah kemerahan. Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak mengalami alergi kosmetik.

Sebelum memakai kosmetik sebaiknya anda memahami jenis kulit, jenis kosmetik yang digunakan, bahan yang terkandung, faktor kecocokan, cara penggunaan, dan juga kebersihan produk kosmetik.

Namun, jika Anda telah mengalami alergi ringan dari kosmetik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan secara mandiri sebelum pergi ke dokter. Dan, melansir dari www.thebodyshop.co.id, berikut beberapa cara menghindari alergi kosmetik::

1. Wajah selalu bersih

Anda harus memastikan wajah bersih terhindar dari debu atau kotoran yang menempel. Jangan gunakan produk pembersih wajah secara berlebihan. Saat pagi dan malam hari pakailah produk pembersih wajah, tetapi pada siang atau sore hari anda cukup gunakan air besih saja.

Penggunaan pembersih wajah juga berisiko membuat wajah menjadi terlalu kering, menambah keluhan alergi, dan bahkan memunculkan iritasi. Gunakan pembersih wajah yang bebas alkohol, ya.

2. Cari tahu produk kosmetik yang menyebabkan alergi

Cari tahu sumber masalah alergi Anda melalui alat dan produk kosmetik yang sering digunakan. Bisa jadi produk kosmetik Anda ternyata sudah kedaluwarsa atau memiliki kandungan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Selanjutnya, hentikan pemakaian agar alergi tidak semakin parah. Selain itu, alergi bisa disebabkan alat kosmetik Anda yang tidak bersih. Sebaiknya selalu memeriksa kebersihannya juga, ya. 

Baca Juga: Apakah Kosmetik yang Anda Pakai Halal? Cari Tahu di Sini

3. Rehat penggunaan produk kosmetik

Setelah mengetahui produk mana yang menyebabkan alergi, anda harus hindari untuk sementara waktu. Anda cukup gunakan skincare seperti pelembap wajah yang membantu menjaga kelembapan kulit dan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Pilih pelembab wajah yang cocok dengan jenis kulit

Banyak produk pelembab wajah yang dijual di pasaran yang bisa anda pakai. Hal penting yang harus anda perhatikan yaitu produk pelembab yang cocok degan kulit dan telah memiliki izin resmi dari BPOM.

5. Atur pola makan dan banyak mengonsumsi air putih 

Hindari mengonsumsi makanan pedas dan berlemak, ya. Sebab makanan tersebut dapat memicu munculnya minyak di kulit yang bisa memperlama penyembuhan alergi. Sebaiknya, Anda banyak mengonsumsi air putih dan serat seperti buah dan sayuran. 

6. Hindari paparan sinar matahari 

Hindari terkena paparan sinar matahari terlalu lama. Saat anda beraktivitas di luar gunakan sunscreen, payung atau topi untuk menghalau sinar matahari langsung ke wajah.

7. Jangan menggaruk wajah

Menggaruk wajah hanya akan memperparah wajah Anda, loh. Jika wajah terasa gatal, anda cukup usap perlahan-lahan saja. Tentunya tangan Anda dalam keadaan bersih, ya. Tangan yang kotor juga menyebabkan alergi menjadi buruk. 

Seperti itu cara yang bisa Anda lakukan saat mengalami alergi kosmetik ringan. Namun, jika alergi tidak kunjung sembuh, segera konsultasi dengan dokter atau orang yang lebih ahli. Selalu cantik dan sehat, moms!

Selanjutnya: Pahami 6 Cara Menghilangkan Milia secara Alami di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News