Bugar

Jangan Sepelekan! Ini Dia Risiko Vertigo, Bisa Hilang Pendengaran hingga Terjatuh

Jangan Sepelekan! Ini Dia Risiko Vertigo, Bisa Hilang Pendengaran hingga Terjatuh

MOMSMONEY.ID - Vertigo adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa mengganggu aktivitas Anda. Bahkan, bisa membahayakan jka gejala yang Anda rasakan sudah semakin parah.

Hal ini disebabkan karena adanya sensasi berputar yang dihasilkan dan mampu menyebabkan kesulitan untuk berdiri.

Perlu Anda ketahui jika vertigo merupakan suatu gejala yang menyebabkan gangguan pada keseimbangan. Hal ini akibat masalah pada otak atau kelainan telinga bagian dalam.

Pengidapnya dapat merasakan gerakan yang tidak terjadi dan tentunya mengganggu bahkan bisa membahayakan. Bukan hanya aktivitas yang terganggu, untuk berdiri pun sangat sulit.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Darah Rendah! Konsumsi Rutin 5 Makanan Ini untuk Mengatasinya

Selain itu, seperti yang dilansir dari Medical News Today, ketahui berbagai risiko vertigo berikut ini, agar Anda bisa lebih behati-hati:

Risiko kecelakaan saat berkendara meningkat

Risiko vertigo yang pertama adalah terjadinya kecelakaan saat bekendara jika sedang mengalami serangan vertigo. 

Apabila Anda sering mengalami pusing atau sensasi berputar, ada baiknya Anda berhati-hati saat mengendarai kendaraan sendiri.

Jika vertigo kambuh saat Anda sedang mengendarai kendaraan, Anda mungkin akan kehilangan keseimbangan atau konsentrasi dalam berkendara.

Jatuh karena kehilangan keseimbangan

Risiko vertigo yang kedua adalah jatuh karena kehilangan keseimbangan. Seperti diketahui, vertigo dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam menjaga keseimbangan.

Maka dari itu, Anda bisa terjatuh dan mengalami cedera jika tidak mampu mempertahankan posisi dan keseimbangannya saat vertigo sedang kambuh.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Dia Cara Mengatasi Mata Minus secara Alami

Gangguan pendengaran

Apabila vertigo disebabkan oleh gangguan pada organ keseimbangan yang ada di telinga, kekambuhan vertigo bisa muncul bersamaan dengan gangguan pendengaran.

Gangguan tersebut di antaranya telinga berdenging, penurunan kemampuan mendengar, dan bahkan kehilangan pendengaran.

Maka dari itu, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Terlebih jika memiliki risiko vertigo atau mengalami gangguan ini.

Semakin cepat penyebab dari vertigo didiagnosis, maka penanganan yang tepat bisa segera dilakukan. Dengan begitu, aktivitas harian bisa dilakukan tanpa adanya gangguan berarti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News