HOME, Bugar

Jangan Sepelekan ! Ini 4 Gejala Awal Stroke Saat Usia Muda

Jangan Sepelekan ! Ini 4 Gejala Awal Stroke Saat Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak, dikutip dari Healthline.

Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus, maka sel-sel otak akan mulai mati. Orang yang mengalami stroke ringan perlu segera mendapatkan pemeriksaan dan perawatan medis di rumah sakit.

Berikut ini adalah gejala awal stroke yang perlu dikenali.

Baca Juga: Ubah Gaya Hidup Anda! 5 Kebiasaan Ini Bisa Meningkatkan Risiko Terserang Stroke

1. Hilang rasa atau lemah pada satu sisi tubuh

Perlu diwaspadai apabila orang yang dicurigai mengidap stroke akan mengalami kesulitan untuk menggerakkan lengan atau mengendalikan jari tangan atau pun kaki.

Misalnya, ketika mengangkat kedua tangan, tangan yang satu akan menjadi lebih tinggi dibandingkan tangan yang lain.

2. Sakit kepala parah secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya

Sakit kepala tidak selalu identik dengan gejala stroke. Tetapi, jika sakit kepala menyerang tiba-tiba atau sangat intens, hal tersebut patut untuk diwaspadai.

Jika leher kaku, nyeri pada wajah, atau muntah yang disertai sakit kepala bukan tidak mungkin akan menyebabkan terjadinya pendarahan intrakranial, juga dikenal sebagai stroke merah (red stroke).

3. Kebingungan dan kesulitan berbicara

Seseorang yang mengalami stroke secara tiba-tiba akan mengalami masalah ketika berbicara. Bahkan, beberapa di antaranya juga mengalami penurunan pemahaman.

Baca Juga: Meski Bermanfaat, Ketahui 5 Resiko Minum Kopi Setiap Hari

4. Kesulitan berjalan dan kehilangan keseimbangan

Tanda-tanda serupa lainnya seperti berjalan dengan kaki terbuka lebar atau secara tiba-tiba kehilangan kemampuan motorik halus, seperti tidak mampu untuk menulis juga patut diwaspadai.

5. Pengelihatan mendadak terganggu

Gangguan penglihatan yang datang secara tiba-tiba merupakan gejala stroke yang umum. Mereka mungkin tidak akan mampu melihat jelas dengan satu mata, atau mungkin mengalami kesulitan untuk melihat ke kanan atau kiri.

Mengingat bahwa stroke ringan berpotensi berkembang menjadi stroke, maka penting untuk mencegahnya. 

Selanjutnya: Rutin Minum Teh Melati Bisa Sembuhkan Masalah Kardiovaskular

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News