Jangan Sepelekan, Daun Pepaya Punya Banyak Manfaat Kesehatan Buat Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 24 September 2021 | 11:20 WIB
Jangan Sepelekan, Daun Pepaya Punya Banyak Manfaat Kesehatan Buat Tubuh

ILUSTRASI. Jangan Sepelekan, Daun Pepaya Berpotensi Sebagai Obat Anti Kanker

MOMSMONEY.ID - Daun pepaya mengandung senyawa unik yang menunjukkan potensi farmakologis yang luas. Saat ini, daun pepaya sudah banyak diolah dalam berbagai bentuk, seperti teh, ekstrak, tablet, dan jus.

Aneka olahan daun pepaya itu bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan.  

Baca Juga: Manfaatkan Buah Pepaya untuk Memutihkan Kulit Secara Alami

Berdasarkan kandungan nutrisinya, daun pepaya sangat mungkin memberikan manfaat kesehatan, di antaranya. 

1. Anti Malaria 

Selain kanker, daun pepaya ternyata juga bisa berperan sebagai anti malaria. Konsumsi daun pepaya bisa membantu mencegah dan mengobati malaria.

Untuk mendapatkan manfaat ini, cobalah rutin mengonsumsi jus daun pepaya satu kali sehari. Biar khasiatnya maksimal, hindari menambahkan gula atau zat lain pada jus daun pepaya.  

2. Meningkatkan trombosit

Hingga kini belum ada pengobatan yang secara khusus dapat menyembuhkan demam berdarah. Pengobatannya berfokus untuk meningkatkan cairan tubuh dan trombosit pasien yang menurun serta meringankan gejala yang muncul. 

Studi berbasis hewan pengerat pada jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan manfaat daun pepaya dalam meningkatkan trombosit pada pasien demam berdarah. 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Buah pepaya dikenal bisa melancarkan sistem pencernaan, tetapi daunnya ternyata tidak kalah berkhasiat. Rutin mengonsumsi daun pepaya disebut bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga lebih kuat dalam mencegah infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Dengan begitu, tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Selain itu, daun pepaya juga bisa membantu meregenerasi sel-sel darah putih secara alami.  

4. Memiliki potensi sebagai obat kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Penyakit ini menyebabkan sel-sel tubuh tumbuh dan berkembang tanpa kendali, sehingga dapat menyebar dan merusak jaringan sehat di sekitarnya. 

Penelitian pada jurnal Frontiers in Pharmacology menyebutkan, daun pepaya berpotensi menghambat sel kanker pada payudara, kulit, dan prostat. Senyawa aktif pada daun pepaya bersifat sitoktoksik, yang mampu membunuh sel kanker dengan merusak sel tersebut. 

5. Menjaga keseimbangan gula darah

Di Meksiko, daun ini sering digunakan untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah. Hal ini karena daun pepaya memiliki kemampuan untuk melindungi sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menderita Sakit Maag

Meski kaya akan manfaat, konsumsi buah dan daun pepaya tetap harus diimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu konsumsi makanan sehat dan berolahraga. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa bugar dan kuat dalam melawan penyakit.  

Selanjutnya: Manfaat Rebung, Bisa untuk Diet Sampai Menurunkan Risiko Kanker

Editor: Helvana Yulian
Terbaru