ads

Jangan Sepelekan Belimbing, Kaya Vitamin dan Mineral Belimbing Berkhasiat Buat Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:13 WIB
Jangan Sepelekan Belimbing, Kaya Vitamin dan Mineral Belimbing Berkhasiat Buat Tubuh

ILUSTRASI. Manfaat Belimbing untuk Penderita Diabetes dan Kanker


MOMSMONEY.ID - Belimbing adalah buah yang populer dengan rasa asam dan manisnya yang segar. Belimbing juga terkenal dengan nama “star fruit” karena bentuknya seperti bintang.

Buah ini tak hanya lezat untuk dinikmati, tetapi kaya berbagai macam vitamin dan mineral. Bahkan, buah belimbing juga punya kandungan protein, lemak, dan karbohidrat. 

Meskipun kandungan tersebut nampak rendah, tetapi jumlah kalori buah belimbing untuk pemenuhan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh berimbang.  

Baca Juga: Waspadai! Ini Gejala Penyakit Vertigo yang Sering Terjadi

Melihat kandungan nutrisi yang begitu banyak, dilansir dari Mayo Clinic, belimbing juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut:

Mencegah maag

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan maag, Anda bisa mencoba mengonsumsi buah belimbing secara rutin. 

Sebuah penelitian dari Indonesian Journal of Global Health Research menyatakan bahwa belimbing diyakini dapat mencegah terbentuknya luka pada lambung. 

Ini berkat kandungan antioksidan buah belimbing, terutama flavonoid dan antioksidan yang membantu memperkuat lapisan dalam lambung sehingga mencegah timbulnya luka pada lambung. 

Penyembuhan luka

Mendapat asupan vitamin C yang cukup juga punya andil dalam hal penyembuhan. Vitamin ini mendorong kemampuan tubuh dalam memperbaiki jaringan yang rusak hingga luka. 

Kolagen yang diproduksi dari vitamin C terlibat dalam pembentukan atau “perekat” struktur tulang, otot, urat, dan ligamen. Protein ini juga berperan dalam struktur kulit dan pembekuan darah.  

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 5 Penyebab Utama Asam Lambung Naik

Penurun berat badan

Buah belimbing mengandung kalori yang dapat diabaikan oleh tubuh, sehingga tidak akan membuat berat badan bertambah. Oleh karena itu, buah ini merupakan camilan yang sehat.  

Tak hanya itu saja, kandungan serat yang terkandung dalam buah ini membantu mempercepat metabolisme dan mendukung upaya kamu dalam penurunan berat badan. 

Mengurangi risiko kanker

Khasiat lain yang bisa Anda peroleh dari buah belimbing adalah memperkecil peluang terkena kanker. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi dari jurnal Advances in Pharmacological Sciences.

Berdasarkan hasil dari studi tersebut, buah belimbing menunjukkan efek profilaksis alias mampu mencegah perkembangan kanker hati. 

Baik untuk penderita diabetes

Serat tidak larut yang terdapat dalam buah ini dapat mencegah pelepasan glukosa setelah makan yang selanjutnya dapat membantu mengendalikan kadar insulin dalam tubuh. 

Hal ini menjadikannya sebagai camilan ideal bagi para penderita diabetes atau orang-orang yang berisiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER