Bugar

Jangan Sepelekan Alergi, Waspadai Tanda-Tandanya Berikut Ini!

Jangan Sepelekan Alergi, Waspadai Tanda-Tandanya Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Tanda-tanda alergi biasanya muncul beberapa menit setelah penderita melakukan kontak dengan alergen. Gejala ini juga dapat berkembang secara bertahap.

Awal mula terjadinya alergi adalah ketika tubuh pertama kali bertemu dengan sebuah alergen yang dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya, sehingga tubuh memproduksi antibodi.

Jika di kemudian hari tubuh bertemu kembali dengan alergen yang sama tersebut, maka tubuh akan meningkatkan jumlah antibodi untuk melawan jenis alergen tersebut.

Biasanya orang yang alergi akan memunculkan tanda-tanda, seperti bersin-bersin, batuk-batuk, sesak napas, ruam pada kulit, dan lain-lain.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Obat Sesak Napas yang Bisa Ditemukan di Apotek

Meski demikian, seperti yang dilansir dari Healthline, beberapa tanda-tanda alergi yang sering muncul seperti berikut ini: 

1. Bersin-bersin, hidung gatal, berair dan tersumbat

2. Kulit memerah dan gatal

3. Kulit kering dan pecah-pecah

4. Mata memerah, gatal, dan berair

5. Pembengkakan di bibir, lidah, dan kelopak mata (angioedema)

6. Sakit perut, muntah, dan diare

7. Batuk, bengek, dan sesak napas

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu, Ini 5 Alergi yang Sering Terjadi Pada Anak

Alergi dapat menyebabkan reaksi yang parah dan berakibat fatal, yaitu anafilaksis. Reaksi ini umumnya akan terjadi pada seluruh tubuh dan menyebar dengan sangat cepat.

Reaksi anafilaksis juga dapat menurunkan tekanan darah. Segera bawa ke IGD rumah sakit terdekat jika orang di sekitar Anda mengalami tanda-tanda alergi parah atau anafilaksis, seperti:

1. Pusing

2. Jantung berdebar

3. Sesak napas

4. Kulit dan bibir berwarna biru

5. Penurunan kesadaran

Sebaiknya Anda menghindari diri dari zat pemicu atau alergen yang dapat menyebabkan Anda alergi jika sudah mengetahui Anda alergi pada hal tertentu.

Selalu waspada terhadap alergi yang Anda miliki, karena beberapa alergi dapat menyebabkan reaksi yang parah dan berakibat fatal, yaitu anafilaksis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News