HOME, Bugar

Jangan Sepelekan! 5 Gejala Awal Diabetes yang Sering Tidak Disadari

Jangan Sepelekan! 5 Gejala Awal Diabetes yang Sering Tidak Disadari

MOMSMONEY.ID - Diabetes masuk dalam daftar penyakit yang mematikan. Penyakit diabetes bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang hingga komplikasi penyakit mematikan lainnya.  

Penyakit ini juga sering tidak terdeteksi di awal karena pada beberapa kasus diabetes bisa menyerang tanpa menunjukkan gejala yang jelas.   

Di Indonesia, diabetes menjadi penyakit paling mematikan nomor tiga, setelah penyakit jantung dan stroke. 

Sayangnya hanya 30% dari jumlah pengidap yang didiagnosis dengan tepat, sisanya tidak menyadari bahwa dirinya memiliki diabetes sampai penyakit ini masuk dalam tingkat yang lebih parah, dikutip dari data Kementrian Kesehatan.

Baca Juga: 6 Buah Wajib yang Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes

Dikutip dari laman Prevention, berikut ini sedikitnya ada 5 gejala awal diabetes yang sering tidak disadari, antara lain:

1. Kulit menjadi gelap 

Gejala awal diabetes yang sering tidak disadari pertama adalah kulit menjadi gelap. Satu tanda diabetes yang sering tak disadari adalah terjadinya perubahan pada kulit.

Biasanya kulit pengidap diabetes akan berubah menjadi gelap, atau muncul bercak hitam di lipatan kulit. 

Biasanya tanda ini dapat ditemukan di belakang leher, di siku atau di ketiak. Perubahan warna kulit menjadi gelap ini merupakan tanda awal bahwa kadar gula dalam darah terlalu tinggi. 

Bintik hitam ini bernama Acanthosis nigrican. Namun tidak semua bintik hitam yang muncul di kulit menjadi gejala dari diabetes. 

2. Kulit gatal-gatal

Gejala awal diabetes yang sering tidak disadari kedua adalah kulit mengalami gatal-gatal. Diabetes akan sangat berpengaruh pada sirkulasi darah.

Karena pengaruh ini, tidak jarang diabetes akan menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Biasanya, gatal-gatal sebagai gejala diabetes terjadi pada kulit tangan, kulit kaki atau telapak tangan dan kaki. 

3. Sulit mendengar 

Gejala awal diabetes yang sering tidak disadari ketiga asalah sulit mendengar. Jika ketiga gejela di atas muncul bersamaan dengan menurunnya kemampuan mendengar, jangan lagi tunda pemeriksaan kadar gula. 

Pasalnya gangguan pendengaran bisa jadi adalah gejala dari diabetes yang menyebabkan rusaknya pembuluh darah dan saraf bagian dalam telinga.  

Baca Juga: Catat! Ini 5 Cara Mencegah Demensia di Usia Muda

4. Mudah mengantuk 

Gejala awal diabetes yang sering tidak disadari keempat adalah mudah mengantuk. Tingginya kadar gula dalam darah bisa membuat seseorang menjadi lebih mudah mengantuk, terutama di siang hari.

Selain itu orang dengan diabetes pun biasanya mengalami gangguan napas ketika sedang tidur, seperti mendengkur saat tidur. 

5. Mendengkur saat tidur

Gejala awal diabetes yang sering tidak disadari terakhir adalah mendengkur saat tidur. Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli diabetes, sebagian besar penderita diabetes mengalami gangguan napas saat tidur.

Karena gangguan ini, mereka akan lebih mudah mendengkur atau mengorok saat tidur. Bahkan, saat ia tidur di siang hari dengan rentang waktu tidur yang sangat singkat.

Jika tak segera ditangani dengan tepat, diabetes bisa menyebabkan komplikasi penyakit ke berbagai organ seperti mata, ginjal, saraf, pembuluh darah, dan jantung. 

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News