Bugar

Jangan Sembarangan, Ini Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Jangan Sembarangan, Ini Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung dan jangan mengonsumsi buah sembarangan agar gejala yang dirasakan tidak semakin parah.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan masalah kesehatan yang cukup sering terjadi di masyarakat. 

Penyakit lambung ini dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn) atau sensasi perih dan panas di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan, dilansir dari Healthline.

Menurut Journal of Thoracic Disease, asam lambung ditandai dengan adanya nyeri dada pertengahan seperti terbakar. 

Selain itu juga ditandai dengan regurgitasi cairan atau makanan, atau pengembangan peradangan kerongkongan yang dapat menyebabkan disfungsi dalam menelan. 

Untuk mengurangi asam lambung dan mencegah gejalanya, penderita asam lambung disarankan untuk mengonsumsi makanan dan buah-buahan yang tidak memperparah gejalanya.

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung, antara lain: 

1. Pepaya

Buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung pertama adalah buah pepaya. Pepaya juga termasuk buah yang rendah asam.

Buah ini menawarkan cita rasa tropis. Mereka juga dikemas dengan karoten dan vitamin C. Buah ini juga cocok dikonsumsi bagi penderita asam lambung. 

2. Pisang

Buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung kedua adalah buah pisang. 

Rasanya yang lezat serta harganya yang terjangkau membuat pisang menjadi salah satu buah favorit banyak orang.

Tak hanya itu, pisang juga menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk penderita penyakit asam lambung. 

3. Apel

Buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung ketiga adalah buah apel.

Kandungan kalsium, magnesium, dan kalium pada apel dipercaya bisa meredakan gejala asam lambung yang muncul. 

Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, disarankan mengonsumsi buah apel merah setelah makan atau sebelum tidur, dan pilihlah apel yang rasanya manis. 

4. Melon ​

Buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung selanjutnya adalah buah melon. Jadi jangan lupa masukkan dalam daftar menu diet dan menu harian Anda.

Melon adalah sumber magnesium yang baik, yang ditemukan dalam banyak obat untuk refluks asam. Selain itu, melon memiliki pH 6.1, yang membuatnya hanya bersifat agak asam. 

5. Semangka 

Buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung terakhir adalah buah semangka.

Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang bisa Anda konsumsi jika menderita asam lambung. 

Mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka dapat mencairkan dan melemahkan asam lambung. 

Jika gejala penyakit asam lambung belum juga reda meski sudah mencoba pola makan sehat serta mengonsumsi makanan dan buah untuk asam lambung di atas. 

Dan jagan lupa berkonsultasilah denga dokte runtuk mendapatkan pengobatan dan obat yang tepat dengan gejala yang Anda rasakan. 

Itulah beberapa buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung dan jangan mengonsumsi buah sembarangan agar gejala yang dirasakan tidak semakin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News