AturUang

Jangan Sembarangan Bicara ke Anak Cari Uang Itu Susah, Simak Alasannya

Jangan Sembarangan Bicara ke Anak Cari Uang Itu Susah, Simak Alasannya

MOMSMONEY.ID - Tidak semua orangtua sabar dalam menjelaskan keuangan kepada anak. Yang kerap terlupakan adalah ketika orangtua bilang ke anaknya bahwa cari uang itu susah.

Ully Safitri, perencana keuangan OneShildt, bilang, perkataan cari uang itu susah bisa tertanam terus di kepala anak. Alhasil, ketika ingin mencoba mencari tambahan uang, sang anak begitu kesulitan.

"Jangan bilang kaya begitu sama anak, cari uang itu susah. Justru keluarga harus menumbuhkan kepercayaan bahwa memahami keuangan itu adalah hal yang penting," kata Ully kepada Momsmoney.

Ia memberi contoh, ketika sang anak sebentar-bentar merengek meminta ini itu. Lantas orang tua mengatakan tidak ada uang, maka sebenarnya sudah menjatuhkan mimpi sang anak.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Anak itu adalah pemimpi. Ketika sang anak menyampaikan keinginannya jangan dilawan. Ully justru memberi saran agar mendengarkannya dan mendorong anak bisa memperoleh mimpinya

"Misalnya, bikin dream board. Berapa harga barang yang diinginkan. Lalu, sekarang sang anak punya uang berapa, kurangnya berapa. Nah, kurang itu dicari solusinya," ungkap Ully.

Saat itu, anak bisa diajari, mana dari keinginan tersebut yang menjadi prioritas. Misalnya, ada beberapa keinginan, seperti tas, sepatu, mainan.

Orangtua lantas membuat bagan, mana yang harus dicapai dahulu, sehingga anak bisa memahami mana kebutuhan, mana keinginan. Selamat mencoba, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News