HOME, Bugar

Jangan Salah Pilih Konsultasi Kesehatan Mental? Ini Bedanya Psikolog dan Psikiater

Jangan Salah Pilih Konsultasi Kesehatan Mental? Ini Bedanya Psikolog dan Psikiater

MOMSMONEY.ID - Saat ini masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara psikolog dan psikiater. Meskipun berkaitan dengan kesehatan mental, tetapi ada perbedaannya.

Psikiater sebenarnya adalah spesialisasi dari ilmu kedokteran. Berikut adalah beberapa contoh gangguan mental yang ditangani oleh psikiater, dikutip dari Mental Health.

1. Fobia

2. Depresi dan demensia

3. Gangguan kepribadian

4. Gangguan kecemasan

5. Gangguan tidur dan makan

6. Gangguan obsesif kompulsif (OCD)

7. Gangguan stres pascatrauma (PTSD)

8. Skizofrenia

9. Kecanduan obat-obatan atau minuman beralkohol

Baca Juga: Bukan Sekedar Bumbu Dapur, Kunyit Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Loh!

Selain menangani kondisi di atas, psikiater juga menangani penyakit yang berkaitan dengan psikologis pasien, seperti gangguan pada otak, penyakit kronis, kanker, atau penyakit HIV/AIDS. 

Itu sebabnya psikiater harus mendiagnosis gangguan mental pasien dan menentukan pengobatannya, karena keahlian mereka berfokus pada ketidakseimbangan kimia di dalam otak manusia.

Sementara psikolog menangani kasus-kasus kejiwaan, mendiagnosis gejala psikologis pasien, dan melakukan psikoterapi sebagai bentuk penanganannya. 

Psikolog berkompeten untuk melakukan beberapa tes psikologi yang hasilnya diinterpretasikan sebagai jawaban dari masalah yang dialami oleh pasiennya, dikutip dari Mental Health.

Beberapa tes yang bisa dilakukan oleh seorang psikolog antara lain tes IQ, minat bakat, tes kepribadian dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Tidak Hanya Baik untuk Mata, Ini 5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Anak

Sayangnya, psikolog tidak bisa meresepkan obat-obatan, karena penanganan kasus kejiwaan berfokus pada terapi psikososial untuk mengendalikan perilaku, pikiran, dan emosi pasien. 

Jika Anda mengeluhkan masalah atau gangguan mental, entah karena depresi atau pun gangguan kecemasan, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter umum. 

Kemudian, ia akan melakukan diagnosis awal terkait kondisi yang dibutuhkan untuk membantu mengidentifikasi masalah kesehatan jiwa yang Anda hadapi. 

Dokter umum akan memberikan rekomendasi psikiater ataupun psikolog yang sesuai dengan Anda, berdasarkan pada situasi spesifik dan jenis pengobatan yang mungkin Anda butuhkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News