Bugar

Jangan Salah! Inilah 5 Urutan Body Care Routine yang Benar

Jangan Salah! Inilah 5 Urutan Body Care Routine yang Benar

MOMSMONEY.ID - Perlu dipahami urutan body care routine yang tepat supaya kulit sehat dan indah. Merawat kulit tubuh tidak cukup hanya dengan sabun mandi dan body lotion saja. Masih ada beberapa produk lain dan urutan pemakaiannya yang perlu Anda ketahui. 

Agar tidak salah, berikut lima urutan body care routine yang benar dilansir dari beautyhaul.com dan blog.marthatilaarshop.com:

1. Bersihkan tubuh dengan body wash

Membersihkan seluruh tubuh menggunakan body wash yang tepat adalah hal dasar dari perawatan tubuh.

Jangan sampai produk body wash malah membuat kulit menjadi kering, gatal dan iritasi.

Oleh sebab itu, perhatikan komposisi dan keterangan yang terkandung dalam body wash.

Disarankan pilihlah produk yang mengandung bahan alami karena lebih aman digunakan pada jangka waktu yang cukup lama.

Perhatikan juga bahan yang  mengandung pewarna, parfum, dan kandungan keras seperti sodium lauryl sulphate yang memicu kulit menjadi kering.

Jika Anda ingin mencerahkan kulit agar tidak kusam, maka pilihlah body wash yang mengandung susu kambing. 

Lalu, bagi anda yang memiliki masalah kulit kering, pilihlah body treatment routine yang terbuat dari bahan lembut seperti sodium lauroyl isethionate.

2. Gunakan body scrub

Kulit tubuh juga membutuhkan eksfoliasi khususnya di daerah lipatan seperti leher, siku dan paha.

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat kulit mati yang menumpuk sehingga kembali cerah. Dengan penggunaan produk body scrub yang tepat akan mendapatkan hasil yang bagus.

Hindari melakuakan eksfoliasi dengan body scrub setiap hari. Anda cukup mengaplikasikannya selama 2-3 hari dalam seminggu.

Disarankan pilihlah produk scrub yang mengandung asam alfa hidroksi (AHA) atau asam beta hidroksi (BHA). Kandungan ini berguna untuk mengelupas permukaan kulit dan memperbaiki teksturnya.

Selain itu, scrub menggunakan bahan alami juga bagus dan irit. Anda bisa membuat sendiri di rumah dengan menggunakan madu dan oatmeal.

Baca Juga: Simak Alasan Pisang Bisa Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

3. Jangan lupakan body serum

Urutan body care routine selanjutnya adalah body serum. Body serum berfungsi untuk meregenerasi sel kulit agar lebih sehat.

Apabila digunakan secara rutin dapat mengencangkan kulit tubuh. Telah banyak produk body serum yang mengandung vitamin C. Hal itu bertujuan untuk mencerahkan kulit yang kusam.

Ternyata body serum memiliki manfaat yang lebih dari lotion dan bekerja lebih cepat dibandingkan dengan produk perawatan tubuh lainnya. Sebaiknya aplikasikan body serum pada malam hari sebelum tidur.

4. Lembabkan tubuh dengan body lotion

Pemakaian body lotion juga penting dalam urutan body care routine. Disarankan untuk mencari produk dengan kandungan melembapkan yang terbaik untuk menghidrasi kulit. Pilihlah produk body lotion yang mengandung asam hialuronat dan ceramides.

Kedua kandungan tersebut sangat ampuh untuk menahan hidrasi sekaligus melembapkan kulit Anda agar lebih sehat. Gunakan body lotion ke seluruh tubuh setelah selesai mandi.

5. Perlindungan tubuh dengan sunblock 

Urutan body care routine terakhir adalah lindungi kulit dengan sunblock. Sebelum keluar rumah, dapatkan perlindungan wajah dan tubuh terbaik dari sunblock.

Sunblock berfungsi untuk mencegah timbulnya flek hitam pada kulit sekaligus melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Disarankan gunakanlah sunblock dengan SPF 15. 

Itulah urutan body care routine yang benar. Perhatikan bahan produk body care yang dibeli dan waktu pemakaiannya. Jaga dan rawat kesehatan kulit tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News