Bugar

Jangan Salah, Ini 5 Asupan Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil

Jangan Salah, Ini 5 Asupan Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Nutrisi ibu hamil adalah hal yang sangat penting, karena ada calon buah hati yang sedang bertumbuh dan berkembang di dalam rahim kita.

Selama kehamilan muda hingga tua, ada setidaknya ini nutrisi penting yang harus dipenuhi melalui makanan, minuman, atau suplemen yang direkomendasikan.

Nutrisi tersebut demi meningkatkan kesehatan ibu dan janin. Beberapa asupan nutrisi wajib untuk ibu hamil seperti yang dilansir dari Pregnant Education, sebagai berikut: 

Baca Juga: Waspada! Kelebihan Garam Selama Kehamilan Bisa Berdampak terhadap Kesehatan Ibu Hamil

Zat besi

Asupan nutrisi wajib untuk ibu hamil yang pertama adalah zat besi. Zat besi adalah nutrisi ibu hamil yang penting untuk mendukung peningkatan 50 persen volume darah, yang sangat diperlukan ketika usia kandungan memasuki trimester ketiga. 

Zinc

Dilansir dari laman WHO), zinc atau seng adalah mineral esensial yang dikenal penting untuk banyak fungsi biologis termasuk sintesis protein, pembelahan sel, dan metabolisme asam nukleat.

Kekurangan zinc pada ibu hamil dapat mengganggu perkembangan bayi dan berisiko sebabkan kelahiran prematur, pertumbuhan janin terbatas, berat badan lahir rendah, hingga cacat lahir.

Asam lemak omega 3

Asam lemak omega-3 terbukti menjadi nutrisi ibu hamil yang juga bermanfaat bagi janin, terutama asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA).

Ada juga beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-2 dengan kandungan rendah merkuri yaitu ikan salmon, tuna, sarden, ikan kod, ikan nila tilapia, dan ikan lele.

Serat

International Journal of Women’s Health and Reproduction Sciences mengungkapkan, serat juga merupakan nutrisi ibu hamil yang harus terpenuhi.

Sebab, serat memberikan nutrisi penting seperti kelompok vitamin B, membantu kenaikan berat badan selama hamil yang tetap terkendali, membantu kontrol glukosa darah yang optimal.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Dia 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Janin

Vitamin B12

Vitamin B12 penting untuk proses perkembangan saraf janin dan pembentukan DNA. Vitamin B12 juga berperan penting untuk mencegah kelainan tabung saraf dan cacat neurologis lainnya pada bayi.

Kalsium

Asupan gizi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil kedua adalah kalsium. Sebab kalsium dibutuhkan bayi dalam kandungan dalam proses pembentukan dan pertumbuhan gigi dan tulang.  

Asupan kalsium yang cukup menjaga ibu dari penyakit tulang selama kehamilan dan setelah melahirkan dan menurunkan kepadatan tulang.

Itulah beberapa asupan nutrisi wajib untuk ibu hamil yang perlu Anda penuhi. Untuk memastikannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kondisi kandungan secara rutin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News