HOME, Bugar

Jangan Panik! Kenali 5 Penyebab BAB Berdarah

Jangan Panik! Kenali 5 Penyebab BAB Berdarah

MOMSMONEY.ID - Buang air besar (BAB) berdarah adalah kondisi ketika terdapat darah dalam feses. Kondisi ini merupakan gejala adanya pendarahan di saluran pencernaan. BAB berdarah dapat mengakibatkan kondisi medis yang serius dan berakibat fatal.

Oleh karena itu, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila terlihat ada darah dalam feses. Walau terkadang tidak disertai rasa sakit, BAB berdarah tetap harus diwaspadai.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, namun umumnya karena adanya pendarahan di saluran pencernaan. Pendarahan inilah yang bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang serius.

Dilansir dari beberapa sumber, Healthline dan Medical News Today berikut sederet gangguan pencernaan yang bisa menjadi penyebab buang air besar bercampur darah.

Baca Juga: Saat Sembelit, Jangan Sekali-Kali Mengonsumsi 5 Makanan Ini

1. Inflammatory Bowel Disease (IBD)

Inflammatory bowel disease (IBD) adalah istilah untuk penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan di usus. Penyakit Crohn dan kolitis ulserativa adalah jenis IBD yang paling umum. Kedua penyakit tersebut sama-sama dapat menjadi penyebab buang air besar berdarah.

2. Penyakit radang usus

Penyakit radang usus, seperti kolitis ulseratif dan penyakit Crohn, bisa membuat Anda mengalami beberapa gejala, mulai dari nyeri perut, demam, diare, hingga buang air besar berdarah. Penyakit ini diduga terjadi karena kondisi autoimun. 

3.Ambeien

Ambeien merupakan penyakit terbanyak yang menyebabkan buang air besar berdarah. Ambeien terjadi ketika pembuluh darah sekitar anus membengkak dan pecah, sehingga akhirnya menimbulkan perdarahan. Ambeien bisa ditandai dengan gejala berupa benjolan, rasa gatal, ataupun nyeri di sekitar anus. 

4. Polip usus

Polip usus adalah benjolan kecil dengan bentuk bertangkai yang tumbuh di sepanjang lapisan dalam usus besar. Kebanyakan polip usus bersifat jinak. Meski begitu, mengutip dalam laman Harvard Health Publishing, benjolan yang semakin besar dapat menjadi penyebab buang air besar berdarah. Polip usus pun bisa berkembang menjadi kanker usus besar. 

5. Hemorrhoid 

Penyebab buang air besar berdarah yang paling umum adalah hemorrhoid. Hemorrhoid adalah benjolan yang muncul ketika pembuluh darah vena di anus meradang dan membengkak. Orang awam lebih mengenal kondisi ini dengan sebutan wasir.

Dalam banyak kasus, wasir muncul karena kebiasaan mengejan (ngeden) yang terlalu keras saat BAB. Saat sembelit, feses Anda cenderung keras sehingga Anda perlu ngeden lebih keras dari biasanya.

 Baca Juga: Jangan Sepelekan Anus Gatal, Bisa Jadi Gejala Penyakit Tertentu

Berikut ini adalah upaya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya BAB berdarah.

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

2. Rutin berolahraga

3. Menjaga berat badan ideal

4. Berhenti merokok

5. Rutin memeriksakan tekanan darah dan kolesterol

6. Jaga area dubur tetap kering

7. Bersihkan dubur dengan air hangat dan sabun yang lembut

8. Minum banyak air

9. Hindari mengejan terlalu keras saat BAB

10. Tidak menunda BAB bila sudah terasa

11. Jangan duduk terlalu lama di permukaan yang keras.

Bila BAB berdarah yang Anda alami cukup parah, dokter mungkin akan menganjurkan Anda untuk menjalani rawat inap selama 1-2 hari di rumah sakit. Selain itu, pengobatan dari dokter bisa saja mengharuskan Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Selanjutnya: Kenali Manfaat Buah Murbei, Baik untuk Mata sampai Membuat Awet Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News