HOME, Bugar

Jangan Panik! Ini Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

Jangan Panik! Ini Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Penyebab mata bengkak ada banyak sekali ragamnya. Karena itu, perawatan dan cara mengatasinya pun mungkin akan berbeda-beda.

Secara umum, mata bengkak bisa muncul karena ada penumpukan cairan berlebihan pada kelopak mata. Kondisi ini juga bisa muncul akibat penumpukan cairan pada jaringan penghubung di sekitar mata, dilansir dari Everyday Health.

Baca Juga: Anda Mengidap Glaukoma? Segera Terapkan Pola Hidup Sehat Berikut Ini

Mengatasi mata bengkak dilakukan tergantung pada penyebabnya. Dirangkum dari Everyday Health dan Health Focus, ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab mata bengkak, di antaranya: 

1. Kurang tidur 

Mata bengkak juga bisa disebabkan oleh kurang tidur di malam hari. Hal ini juga bisa menyebabkan munculnya kerutan, lingkar hitam di bawah mata, serta kulit sekitar mata menjadi kusam. 

2. Alergi

Mata bengkak juga dapat disebabkan oleh alergi. Penderita alergi bisa mengalami mata bengkak sebagai salah satu gejala saat kontak dengan zat pemicu alergi, seperti serbuk sari, debu, atau makanan dan obat-obatan tertentu.

3. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan penyebab paling umum dari keluhan mata bengkak. Kondisi ini juga ditandai dengan gejala lain, seperti mata merah, gatal, berair, dan belekan.

Penyebab dari konjungtivitis umumnya adalah infeksi virus, namun bisa pula disebabkan oleh infeksi bakteri atau iritasi karena produk perawatan tertentu, seperti sampo.

4. Blefaritis 

Penyebab pasti kondisi ini masih belum diketahui, tetapi sering dikaitkan dengan dermatitis seboroik, infeksi, kelenjar minyak di kelopak mata tersumbat, hingga kutu pada bulu mata. 

Baca Juga: Mengenal Kandungan Gizi Buah Kelengkeng yang Baik untuk Tubuh

Gejala mata bengkak dapat diatasi dengan perawatan sederhana di rumah terlebih dahulu. Contoh perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata bengkak adalah:

1. Membilas mata dengan larutan air garam

Untuk kasus mata bengkak dan berair, cobalah cuci mata Anda dengan larutan air garam atau larutan saline. Cara ini dianggap ampuh mengatasi mata bengkak karena garam bersifat dapat menarik.

Selain itu, sifat antimikroba garam mampu meredakan mata bengkak yang disebabkan oleh infeksi.

2. Menggunakan obat tetes mata

Mata bengkak karena alergi dapat ditangani dengan obat tetes dengan kandungan antihistamin yang bisa didapatkan di apotek. Namun jika alergi yang terjadi tergolong parah, Anda perlu mendapat penanganan atau obat mata bengkak dari dokter.

3. Hindari pula aktivitas yang berisiko

Pastikan Anda juga menghindari menyentuh atau menggosok mata dengan tangan. Segera lepas lensa kontak bila Anda memakainya, namun cuci tangan terlebih dahulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News