Jangan Panik! Ini Cara Mengobati Radang Amandel Pada Anak

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 25 November 2021 | 12:32 WIB
Jangan Panik! Ini Cara Mengobati Radang Amandel Pada Anak

ILUSTRASI. Jangan Panik! Ini Cara Mengobati Radang Amandel Pada Anak

MOMSMONEY.ID - Radang amandel adalah salah satu gangguan yang terbilang rentan terjadi pada anak-anak. Organ tubuh yang berguna untuk menjebak bakteri dan kuman ini dapat mengalami infeksi tersendiri, dilansir dari Medical News Today.

Radang amandel yang disebabkan oleh virus biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Jika radang amandel disebabkan oleh bakteri, anak mungkin perlu mendapatkan resep antibiotik dari dokter.

Selain itu, Dirangkum dari Medical News Today dan Healthline, ada beberapa hal lain yang dapat membantu meredakan radang amandel pada anak, seperti berikut ini.

Baca Juga: 5 Super Food yang Sangat Bagus untuk Mendorong Kesehatan dan Pertumbuhan Anak

1. Berkumur dengan air garam

Campurkan 1 sendok teh garam dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur untuk meringankan sakit tenggorokan. Air hangat dinilai mampu menghilangkan virus yang menyebabkan infeksi.

Sementara itu, garam membantu meredakan radang tenggorokan. 

2. Lemon

Makanan atau buah-buahan yang vitamin C diketahui dapat membantu melawan sakit tenggorokan dan pilek, termasuk pula radang amandel.

Dari sekian banyak sumber vitamin C, tidak ada yang lebih baik dibandingkan dengan lemon. Campurkan 1 sendok teh jus lemon dengan setengah sendok teh madu ke dalam air hangat.

Minta sang buah hati untuk meminumnya secara teratur untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi amandel. 

3. Teh hangat dan madu

Minuman hangat seperti teh hangat membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang mungkin terjadi ketika anak mengalami tonsilitis.

Madu sering dicampurkan ke dalam teh sebagai pengganti gula bisa membantu mengobati infeksi yang menyebabkan peradangan pada amandel karena memiliki sifat antibakteri yang kuat.

Selain madu, Anda bisa mencampurkan jahe ke dalam teh hangat. 

Baca Juga: Daun Sirsak, Tanaman Pembunuh Sel Kanker

4. Kayu Manis

Bahan dapur lain yang dapat mengobati radang amandel adalah kayu manis. Campurkan sejumput kayu manis dengan air hangat.

Tambahkan sedikit madu untuk menguatkan rasa manisnya jika memang diperlukan. Konsumsi tiga kali dalam sehari selama sekitar satu minggu dan amati perubahannya. 

5. Es krim

Es krim dipercaya dapat mengobati rasa panas dan radang pada tenggorokan akibat amandel.

Melansir Cedars-Sinai, sesuatu yang dingin bisa sangat efektif untuk mengobati rasa sakit dan pembengkakan akibat radang amandel pada anak atau orang dewasa.

Selain es krim, makanan beku juga dapat membantu pengobatan amandel dengan cara alami di rumah. Bahkan dengan menghisap es batu, ini juga dapat meredakan rasa sakit di tenggorokan.

Selanjutnya: Perbandingan Lantai Kayu Parket dan Vinyl, Mana yang Cocok untuk Rumah Anda?

Editor: Helvana Yulian
Terbaru