Keluarga

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi dengan Cepat

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi dengan Cepat

MOMSMONEY.ID - Jangan panik, ini cara mengatasi cegukan pada bayi dengan cepat.

Cegukan pada bayi merupakan hal yang normal terjadi. Mengutip Primaya Hospital, fenomena cegukan menandakan bahwa bayi memiliki otak yang sehat dan berkembang dengan baik.

Pada bayi, cegukan bisa mengganggu pola tidur dan makan. Dibandingkan bayi yang lahir di usia normal, bayi yang terlahir prematur atau 3 minggu sebelum hari perkiraan lahir cenderung lebih rentan mengalami cegukan.

Cegukan umumnya terjadi secara acak. Ada beberapa faktor yang bisa memicu cegukan pada bayi seperti minum susu secara berlebihan, minum terlalu cepat, menelan udara, GERD atau asam lambung naik, dan tertawa kecil.

Baca Juga: Moms, Terapkan 5 Cara Ini untuk Membantu Anak Belajar Sabar

Cara mengatasi cegukan pada bayi dengan cepat

Tak perlu panik saat si kecil mengalami cegukan, karena ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Merangkum Siloam Hospitals, berikut 7 cara mengatasi cegukan pada bayi dengan cepat:

1. Peluk dan tepuk punggung bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang pertama adalah dengan memeluk bayi dan menepuk punggungnya secara perlahan. Pelukan dan tepukan pelan di punggung mampu menenangkan tubuh mungil bayi yang terganggu karena cegukan.

Selain itu, Anda juga dapat menggendong bayi dengan posisi kepala bayi di pundak Anda, lalu tepuk-tepuk punggungnya secara lembut hingga udara di perut si kecil keluar melalui sendawa. Anda bisa melanjutkan posisi ini hingga cegukan pada bayi berhenti.

2. Gunakan dot

Cegukan pada bayi tidak selalu terjadi ketika sedang menyusui. Apabila si kecil mengalami cegukan secara tiba-tiba, Anda bisa memberikannya dot untuk diisap.

Mengisap dot diketahui mampu membantu mengendurkan diafragma dan menghentikan cegukan.

3. Beri makan sedikit demi sedikit

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang satu ini bisa diterapkan apabila si kecil sudah mulai mengonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Usahakan untuk memberikan si kecil makanan atau pun minuman sedikit demi sedikit untuk menghindari cegukan.

4. Bantu bayi bersendawa

Cara mengatasi cegukan pada bayi berikutnya adalah dengan membantunya bersendawa. Apabila bayi mengalami cegukan saat makan, sebaiknya hentikan suapan sejenak dan biarkan bayi bersendawa dahulu.

Bersendawa dapat membantu mengeluarkan gas atau udara di dalam perut yang memicu cegukan. Untuk membantu si kecil bersendawa, Anda dapat memosisikan tubuh bayi dalam posisi tegak disertai dengan mengelus atau menggosok punggungnya secara perlahan.

5. Biarkan cegukan berhenti sendiri

Cara menghilangkan cegukan pada bayi bisa dilakukan dengan membiarkan cegukan berhenti dengan sendirinya.

Pastikan bayi berada pada posisi yang nyaman dan pantau terus si kecil hingga cegukan hilang sepenuhnya.

Baca Juga: 5 Cara untuk Membantu Anak Fokus di Sekolah, Catat ya Moms!

6. Bawa bayi ke tempat yang hangat

Membawa si kecil ke tempat yang hangat juga dapat Anda coba untuk mengatasi cegukan pada bayi.

Jauhkan si kecil dari tempat yang berangin dan dingin seperti ruangan ber-AC. Ini karena cegukan bisa saja dipicu oleh suhu ruangan yang dingin.

7. Konsultasi dengan dokter

Apabila beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi di atas belum berhasil, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

Segera diskusikan dengan dokter terutama jika cegukan sudah berlangsung dalam waktu yang lama dan disertai dengan batuk atau muntah.

Cara mencegah cegukan pada bayi

Melansir laman Ciputra Hospital, inilah 5 cara mencegah cegukan pada bayi dengan aman dan efektif:

  1. Sendawakan bayi ketika sedang menyusui. Kemungkinan bayi mulai cegukan saat disusui. Ketika meminum ASI, bayi akan mendapatkan kelebihan gas dalam perut dan hal ini bisa mengiritasi perut jika tidak dihentikan. Untuk membantu bayi bersendawa, topang tubuhnya dengan tegak dan tepuk punggungnya dengan lembut.
  2. Perlambat pemberian makan atau ASI. Jika bayi mulai cegukan saat disusui, maka akan lebih baik untuk memperlambat pemberian makan atau ASI. Hal ini dapat membantu menurunkan kemungkinan bayi mengalami cegukan.
  3. Berilah makan hanya saat bayi sedang tenang. Cobalah untuk memberi makan bayi Anda sebelum ia merasa lapar dan mulai menangis. Jika bayi merasa kesal saat disusui baik dengan ASI atau susu formula, itu dapat membuat bayi susah mencerna sehingga menimbulkan iritasi pada kerongkongannya.
  4. Pegang bayi dalam posisi tegak setelah menyusui. Posisi tegak pada bayi dapat membantu pencernaan bayi berjalan dengan lancar.
  5. Pastikan posisi botol dot dengan mulut bayi sudah benar. Ketika memberikan susu dengan botol, kurangi udara di dalam dot botol susu yang diberikan. Udara ekstra dalam dot botol dapat memicu timbulnya cegukan.

Sekian informasi tentang cara mengatasi cegukan pada bayi dengan cepat. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News