HOME, Keluarga

Jangan Pakai Kekerasan, Ini Cara Mengatasi Anjing Sering Melolong dan Menggonggong

Jangan Pakai Kekerasan, Ini Cara Mengatasi Anjing Sering Melolong dan Menggonggong

MOMSMONEY.ID - Anjing yang terlalu sering melolong dan menggonggong tentu akan mengganggu Anda dan bahkan tetangga sekitar rumah.

Namun, mengatasi dengan memarahi atau memberi hukuman kepada anjing sama sekali tak membantu.

Alih-alih membuat anjing diam, kekerasan justru memperparah kondisi anjing yang tak Anda ketahui.

Pertama-tama, ketahui dulu penyebab anjing sering melolong dan menggonggong. Ada beberapa penyebab tertentu mereka melakukannya.Terutama saat Anda meninggalkannya sendirian di rumah atau hal-hal tertentu yang membuatnya gelisah.

Perilaku tersebut juga mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang mungkin dirasakan anjing dan dia berusaha memberi tahu Anda bahwa dia terluka atau sakit.

Baca Juga: Anjing Peliharaan Anda Hiperaktif? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Namun jika Anda tak mendapati luka atau penyakit, Anda tetap harus mengatasi ini. Dilansir dari Wikihow.com, ini 4 cara mengatasi anjing yang sering melolong.

Abaikan Lolongan Bila Anjing Mencari Perhatian

Menggonggong atau melolong oleh anjing merupakan bentuk komunikasinya kepada manusia dan sesamanya.

Kepada manusia, dalam hal ini pemiliknya, anjing melolong untuk meminta perhatian, ingin mainan tertentu, atau bahkan minta makanan.

Jika permintaannya terbiasa dituruti, anjing akan sering menggonggong dan melolong.

Oleh karena itu, Anda harus menunjukkan kepada anjing bahwa melolong bukanlah cara untuk mendapatkan perhatian Anda, yakni dengan mengabaikannya.

Saat anjing melolong, jangan respon apapun, jangan melihat, menyentuhnya, atau berbicara dengan cara apa pun.

Latih Anjing untuk Diam dengan Perintah

Ketika Anda melatih anjing untuk “bicara”, Anda juga harus melatihnya untuk diam. Langkah-langkahnya sama seperti ketika Anda melatih anjing perintah dasar.

Cukup berikan perintah untuk “diam” atau “tenang” setiap kali anjing mulai menggonggong atau melolong.

Jangan lupa untuk memberikan hadiah, setiap mereka berhasil memenuhi perintah Anda. Latih perintah ini berulang-ulang dengan sabar hingga anjing memahami perintah Anda.

Baca Juga: Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Mengetahui Kesehatan dan Kebahagiaan Anjing Peliharaan

Jauhkan Anjing dari Suara Bising di Luar Rumah

Anjing melolong terkadang bisa diakibatkan oleh mendengar anjing lain menggonggong atau melolong.

Mendengar suara-suara bernada tinggi seperti sirine ambulan juga bisa menjadi penyebab. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menjauhkan anjing Anda dari jendela atau ruangan yang berpotensi mendengar suara-suara bising itu.

Gunakan kipas angina atau putar musik menenangkan untuk meredam suara ribut dari luar. Alihkan perhatiannya dengan cemilan atau permainan.

Mengobati Gangguan Kecemasannya

Dilansir dari Webmd.com, jika lolongan didasarkan pada bagaimana perasaan anjing Anda tentang suatu situasi, Anda perlu mengubah suasana perasaan mereka.

Meski ini tidak mudah dilakukan, perlahan-lahan ini dapat membantu Anda dan anjing Anda. Caranya adalah dengan melakukan desensitasi dan counterconditioning.

Desensitasi adalah perawatan yang mengurangi respons emosional terhadap suatu perangsan atau stimulus negatif, sementara counterconditioning adalah pengondisian anjing untuk mengasosiakan hal-hal baik dengan hal-hal yang dianggapnya buruk, misalnya perpisahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News