ads

Jangan Mudah Tertipu Rayuan Pemberi Pinjaman. Pelajari Tips Berutang di Sini!

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Senin, 01 Agustus 2022 | 09:46 WIB
Jangan Mudah Tertipu Rayuan Pemberi Pinjaman. Pelajari Tips Berutang di Sini!

ILUSTRASI. Kemudahan meminjam uang justru membuat masyarakat harus berhati-hati. Amannya, pahami dulu prinsip berutang sebelum nekat meminjam.


MOMSMONEY.ID - Bank atau perusahaan pemberi utang berlomba-lomba mencari nasabah. Bila masyarakat tidak berhati-hati dalam mengambil utang, ini dapat menjadi ‘Jebakan Batman’. Oleh karena itu masyarakat harus punya ilmu tentang utang. 

Menurut Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi, konsep utang dalam perencanaan keuangan dibagi menjadi lima. Pertama, utang dibolehkan, dengan syarat wajib dilunasi.

Kedua, jangan berutang jika memberatan keuangan pribadi. Ketiga, rasio cicilan utang maksimal 35% dari pendapatan. 

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Sebelum Menggunakan Paylater

"Lebih dari itu tidak sehat dan berbahaya," ujar Eko. 

Keempat, pilihlah utang produktif yaitu utang yang dapat memberikan nilai tambah pada keuangan atau menambah pendapatan. Hindari uang Konsumtif yaitu utang untuk memenuhi keinginan semata dan membuat pengeluaran meningkat. 

Kelima, melakukan pengecekan biaya bunga utang. "Pilihlah biaya bunga utang yang paling kecil atau paling ringan," kata Eko.

Intinya, sebelum berhutang Anda harus mengecek apakah kebutuhan itu mendesak atau tidak. Lantas, adakah dana yang tersedia untuk mencicilnya atau tidak. Yang pasti jangan sampai memberatkan kebutuhan hidup lainnya serta biaya bunganya dicari yang paling rendah dibanding bank atau lembaga lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru
TERPOPULER