HOME, AturUang

Jangan Mudah Tergoda Kemudahan Membeli Rumah Dengan KPR

Jangan Mudah Tergoda Kemudahan Membeli Rumah Dengan KPR

MOMSMONEY.ID - Makin banyak developer perumahan yang menawarkan kemudahan memiliki rumah. Di antaranya mulai dengan tawaran uang muka 0% hingga bebas biaya administrasi atau sertifikat.

Sayangnya, banyak orang dengan pendapatan yang pas-pasan nekat mengambil manfaat itu untuk membeli rumah baru. Tak masalah, memang,  hitung-hitung memaksa mereka untuk menyisihkan uang lebih keras agar punya rumah.  

Namun, Ahmad Gozali, perencana keuangan Safir Senduk dan rekan, mengatakan, KPR itu komitmen jangka panjang. Bahkan hingga 20 tahun. Maka pikirkan benar-benar sebelum mengambil keputusan.

Baca Juga: Jangan Menyerah, Ini Alternatif agar Pembayaran KPR Berjalan Lancar

Caranya, perbanyak riset sebelum memutuskan ambil KPR. Terutama, riset tentang rumahnya dan  banknya. "Pastikan kita mendapat rumah yang sesuai dengan kebutuhan di harga yang masuk akal," kata Ahmad.

Yang pasti, kita harus mencari kredit dengan suku bunga terbaik dan berjangka panjang. Termasuk, mempertimbangankan floating bunga kreditnya.

Saran Ahmad, agar lebih tenang, pertimbangkan ambil  KPR fixed rate. Walaupun, bunganya cenderung lebih mahal. "Masih ada bank syariah yang menjual KPR fixed rate," ujar Ahmad.

Lalu, berpikir realistis pada asumsi income. Idealnya memang penghasilan akan naik terus. Tetapi apakah perusahaan tempat kita bekerja dan juga rencana karier kita  bisa mendorong kenaikan pemasukan? Hal ini perlu jadi pertimbangan.     

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Bergerak Fluktuatif di Awal Pekan, Senin (15/11)

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News