ads

Jangan Mudah Percaya Promo Bunga Rendah KTA. Tetap Hitung Cermat!

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Jumat, 01 Juli 2022 | 11:14 WIB
Jangan Mudah Percaya Promo Bunga Rendah KTA. Tetap Hitung Cermat!

ILUSTRASI. Sebelum memutuskan mengambil Kredit tanpa agunan atau KTA hitung detil bunganya. Jangan mudah tergiur dengan bunga rendah yang ditekankan di awal


MOMSMONEY.ID - Bunga pinjaman adalah biaya yang harus dibayar oleh peminjam. Bunga yang tinggi akan membuat cicilan besar dan ini menyulitkan dalam pelunasannya. Oleh karena itu, usahakan mendapatkan bunga yang terendah.

Menurut Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi, untuk mendapatkan bunga terendah ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, buat list produk pinjaman apa saja yang akan diteliti, baik produk KTA Bank dan produk Pinjol.

Baca Juga: Pilih Pinjol atau Perbankan untuk Pinjaman Pendidikan? Simak Tipsnya

Kedua, pilih produk pinjaman yang sesuai dengan tujuan peminjaman. Misalnya dana pendidikan maka pilih KTA pendidikan.

Ketiga, mintalah contoh simulasi pinjaman dari setiap produk yang anda list tadi. misalnya jika Anda Pinjam Rp 10 juta dengan tenor 24 bulan berapa cicilan per bulannya. 

Ketiga, setelah memperoleh simulasi pinjaman pada poin 3, Anda perlu menghitung bunga efektifnya (per bulan atau per annum). " Bunga yang tampilkan oleh Pemberi Pinjaman biasanya bunga flat per bulan, maka Anda perlu mengkonversinya menjadi bunga efektif, " kata Eko. 

Apabila Anda belum bisa mengkonversi dari bunga Flat menjadi bunga efektif, mintakan saja pada Pemberi Pinjaman untuk bantu menghitungnya.

Kelima,etelah memiliki data bunga efektif dari setiap produk pinjaman, Anda bisa memilih produk pinjaman yang memiliki bunga efektif yang paling rendah.

"Jadi Anda tidak perlu terkecoh dengan iming-iming atau promo bunga rendah, selalu periksa sendiri bunga efektifnya, pesan Eko. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER