HOME, Bugar

Jangan Mudah Percaya, Ini 4 Mitos Penyebab Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Jangan Mudah Percaya, Ini 4 Mitos Penyebab Hamil yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Ada banyak mitos yang beredar seputar penyebab kehamilan, dan hal ini seringnya dipercayai anak-anak hingga remaja.

Umumnya, mitos penyebab kehamilan banyak dipercayai oleh remaja yang tidak memiliki pengetahuan seksual sejak dini. 

Meski jarang merugikan dan mungkin saja bertujuan baik, informasi yang tidak benar sebaiknya dihindari terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan. 

Mitos soal penyebab kehamilan sebaiknya tidak lagi dipercayai. Terlalu mempercayai mitos malah bisa membuat kamu merasa terlalu waspada dan berujung pada rasa tertekan yang memicu stres. 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak yang Perlu Anda ketahui

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa mitos agar cepat hamil yang sering terdengar, di antaranya:

1. Hamil karena tidur bersebelahan 

Mitos penyebab hamil yang pertama adalah Anda bisa hamil karena tidur bersebelahan.  Tidur bersebelahan dengan lawan jenis juga sering dipercayai bisa membuat wanita hamil.

Lagi-lagi, hal itu hanya mitos. Namun perlu diingat, kehamilan tidak terjadi jika kamu dan lawan jenis benar-benar hanya tidur bersebelahan dan tidak melakukan penetrasi alias hubungan intim. 

2. Setelah seks perlu angkat kaki agar cepat hamil

Mitos penyebab hamil yang kedua adalah setelah seks Anda perlu angkat kaki agar cepat hamil. 

Mitos lainnya agar cepat hamil adalah mengangkat kaki sembari menempatkan bantal di bawah pinggul setelah melakukan seks.

Hal ini dipercaya membantu mendorong sperma untuk berenang lebih cepat menuju sel telur. Pasalnya, sperma membutuhkan waktu untuk bisa sampai ke sel telur.

3. Ciuman bisa membuat Anda hamil 

Mitos penyebab hamil yang ketiga adalah ciuman bisa membuat Anda hamil. Ada yang percaya bahwa kontak fisik antara bibir dengan bibir alias berciuman bisa menyebabkan kehamilan.

Hal itu sekali tidak bena dama sekali. Pasalnya, air liur dalam mulut tidak mengandung sperma maupun sel telur. Dengan begitu, tidak ada proses pembuahan dan kehamilan tidak akan terjadi. 

Baca Juga: Inilah Rempah-Rempah yang Baik Dikonsumsi saat Kehamilan

4. Hamil setelah berenang

Mitos penyebab hamil yang keempat adalah Anda bisa hamil setelah berenang. Ada mitos yang menyebut bahwa berenang di kolam umum bisa menyebabkan kehamilan.

Hal itu terjadi karena banyaknya sperma dalam air dan dikhawatirkan bisa menembus pori-pori. Hal ini sama sekali tidak benar. Perlu diketahui, sperma tidak menembus pori-pori dan menyebabkan kehamilan. 

5. Pertama kali melakukan hubungan seksual tidak akan hamil

Mitos penyebab hamil yang terakhir adalah jika pertama kali melakukan hubugan seksual tidak akan hamil. Mungkin Anda pernah mendengar informasi yang satu ini.

Sebagian orang percaya bahwa apabila baru pertama kali berhubungan seksual tidak akan terjadi apa-apa. Padahal, kehamilan tidak ada hubungannya dengan sudah berapa kali berhubungan seks.

Apabila sudah memasuki masa subur pada waktu pertama kali berhubungan, ada kemungkinan Anda bisa hamil.

Daripada percaya dengan informasi mitos agar cepat hamil, lebih baik konsultasikan langsung pada dokter kandungan. Anda bisa langsung melakukan tes kesuburan sekaligus mendapat bimbingan lebih baik dalam merencanakan kehamilan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News