Bugar

Jangan Malas Bergerak, Ini 5 Orang yang Sering Terkena Penyakit Jantung

 Jangan Malas Bergerak, Ini 5 Orang yang Sering Terkena Penyakit Jantung

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa orang yang sering terkena penyakit jantung dan perlu Anda waspadai, salah satu diantaranya adalah orang yang malas bergerak.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Gaya hidup dan faktor genetik kerap menjadi penyebab seseorang  menderita penyakit jantung.  

Jenisnya pun banyak, ada yang berkaitan dengan kelainan pada jantung, seperti aritmia, kardiomiopati, endokarditis, penyakit jantung koroner, dilansir dari Very Well Health.

Perlu diketahui, penyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja. Tua atau pun muda, pria atau wanita. Namun, ada beberapa orang yang berpotensi lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung. 

Selain itu, dilansir dari Medical News Today, berikut ini adalah beberapa orang yang sering terkena penyakit jantung dan perlu Anda waspadai, antara lain: 

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini Sederet Gejala Serangan Jantung yang Perlu Anda Ketahui

1. Orang dengan kolesterol tinggi

Orang yang sering terkena penyakit jantung pertama adalah orang yang memiliki kolesterol tinggi dalam tubuhnya. 

Kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Sebab, kolesterol dapat menumpuk di dinding pembuluh darah arteri. 

Hal ini menyebabkan penyempitan pada area tersebut dan mengurangi aliran darah ke jantung, otak, serta berbagai bagian tubuh lainnya. 

2. Pengidap diabetes

Orang yang sering terkena penyakit jantung kedua adalah orang yang memiliki penyakit diabetes. Mengidap diabetes juga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Ketika kadar gula darah yang tinggi tidak dikelola dengan baik, hal ini dapat meningkatkan jumlah plak yang terbentuk di dalam dinding pembuluh darah. 

Akibatnya adalah aliran darah ke jantung bisa terhambat atau bahkan berhenti.  

3. Orang yang mengidap tekanan darah tinggi

Orang yang sering terkena penyakit jantung selanjutnya adalah orang yang mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah di pembuluh darah arteri terlalu tinggi. 

Jika kondisi ini tidak dikendalikan, berbagai organ seperti jantung, ginjal, dan otak, akan terpengaruh. 

Tekanan darah tinggi juga bisa membuat detak jantung lebih cepat, sehingga meningkatkan risiko stroke, gangguan fungsi jantung dan henti jantung. 

4. Orang yang punya pola makan tidak sehat

Orang yang sering terkena penyakit jantung lainnya adalah orang yang mempunyai pola makan yang tidak sehat. 

Pola makan memiliki andil dalam peningkatan risiko penyakit jantung. Selain itu, pola makan tinggi garam juga dapat meningkatkan tekanan darah, yang memicu penyakit jantung. 

Jika Anda sering mengonsumsi makanan yang tinggi akan lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol, tentunya risiko berbagai penyakit akan meningkat, termasuk penyakit jantung. 

Baca Juga: Meredakan Gejala Menopause, Ini Sederet Manfaat Edamame untuk Tubuh

5. Orang yang malas bergerak

Yang paling terakhir dan paling berbahaya, penyakit jantung sering menyerang orang yang malas bergerak. 

Malas gerak dan jarang berolahraga dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah peningkatan risiko penyakit jantung. 

Sebab, ketika tubuh jarang bergerak, kemungkinan untuk mengalami pemicu penyakit jantung akan meningkat, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, atau diabetes.  

Jika Anda memiliki salah satu atau lebih dari faktor tersebut, sebaiknya mulai perbaiki, terutama yang berkaitan dengan gaya hidup kurang sehat. 

Selain itu, lakukan juga pemeriksaan kesehatan secara berkala, seperti tes gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. 

Itulah beberapa orang yang sering terkena penyakit jantung dan perlu Anda waspadai, salah satu diantaranya adalah orang yang malas bergerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News