Santai

Jangan Lupa, Ini 4 Tradisi yang Wajib Ada saat Rayakan HUT RI!

Jangan Lupa, Ini 4 Tradisi yang Wajib Ada saat Rayakan HUT RI!

MOMSMONEY.ID - Menjelang tibanya perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia, tentunya serangkaian pesta perayaan terus dilakukan untuk meramaikannya.

Beberapa kegiatan bahkan telah menjadi tradisi wajib yang selalu dirayakan untuk memperingati hari jadi Indonesia setiap tahunnya.

Berikut ini beberapa tradisi Agustusan yang wajib dan selalu diadakan dalam rangkaian perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Cara Menambah Berat Badan Ideal

Kerja bakti

Memasuki awal bulan Agustus, biasanya tiap kompleks atau RT mengadakan acara kerja bakti untuk menghias kampung atau kompleks rumah dengan pernak pernik 17-an.

Dari mulai memasang bendera merah putih, memberi hiasan lampu, hingga mengecat jalan masuk dalam jajaran kegiatan kerja bakti ini. Tak jarang bahkan diadakan lomba menghias kampung antar RT yang membuat kerja bakti terasa lebih bermakna.

Lomba tradisional

Acara 17-an tidak akan lengkap tanpa adanya lomba tradisional. Acara ini biasanya dilakukan dua minggu atau seminggu sebelum malam syukuran. Pesertanya tentu saja warga RT atau RW dari usia anak-anak hingga dewasa.

Tradisi lomba ini merupakan tradisi yang paling dinantikan oleh para masyarakat dalam tradisi 17-an, sebab keseruan dan euphoria kemerdekaan Indonesia mulai terasa saat berkumpul dan melakukan lomba tradisional.

Baca Juga: 5 Makanan yang Terbukti Bagus untuk Menyehatkan Kulit, Yuk Konsumsi dengan Rutin!

Syukuran

Pada malam tanggal 16 Agustus atau sehari sebelum hari ulang tahun Indonesia pada tanggal 17 Agustus, tradisi syukuran biasa diadakan bersama dengan tetangga satu RT maupun RW. Tradisi ini dilakukan untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia.

Biasanya serangkaian kegiatan bagi kado dari lomba 17an, makan bersama, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, hingga menonton film dengan tema perjuangan menjadi agenda utama tradisi ini.

Gerak Jalan

Gerak jalan biasanya dilakukan pada pagi hari tepat pada tanggal 17 Agustus. Biasanya penduduk suatu RW atau perumahan akan berkumpul bersama untuk melakukan kegiatan gerak jalan mengelilingi jalan.

Biasanya acara ini juga diselipi dengan adanya pawai sepeda hias, kostum tradisional, hingga karnaval budaya. Tentu saja acara ini juga dilengkapi dengan door prize dan juga bazar makanan yang menambah kemeriahan acara 17-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News