HOME, Bugar

Jangan Lewatkan, Ini Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Jangan Lewatkan, Ini Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

MOMSMONEY.ID - Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Saat kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, bisa terjadi kekurangan cairan alias dehidrasi.

Maka, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan air minum harian, terutama saat bangun tidur di pagi hari. 

Minum setidaknya satu gelas air putih saat bangun tidur dapat membantu memulihkan cairan tubuh setelah semalaman tidak mengonsumsi air.

Minum air setelah bangun tidur disebut sebagai cara paling sehat dan terbukti baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Camilan Sehat untuk Balita yang Mendukung Tumbuh Kembangnya

Seperti mencegah penyakit atau kelainan tubuh, masalah menstruasi, bahkan menghindari berat badan berlebih. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut manfaat minum air putih di pagi hari, antara lain: 

1. Lebih sehat

Manfaat minum air putih di pagi hari yang pertama adalah membuat tubuh lebih sehat. Minum air putih dapat mengganti cairan tubuh sehingga Anda akan terhindar dari dehidrasi.

Sebab dehidrasi bisa menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit lain menyerang tubuh. Selain itu, minum air putih dalam keadaan perut kosong pun dapat membantu meningkatkan sistem imunitas seseorang.

Jadi artinya, semakin terpenuhinya kebutuhan air maka tubuh akan semakin terlindung dari serangan penyakit. 

2. Langsing

Manfaat minum air putih di pagi hari yang kedua bisa membuat langsing. Minum air di pagi hari juga dianjurkan untuk diterapkan selama diet.

Pasalnya, minum cukup air putih ternyata bisa membantu mengontrol bahkan menurunkan berat badan. Hal ini berkaitan dengan menurunnya nafsu makan setelah minum air putih. 

Selain itu, minum air sebelum memasukkan apapun ke dalam tubuh dapat membantu melepaskan racun dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa rutin minum air putih membuat seseorang memiliki berat badan yang cenderung menurun dari waktu ke waktu.

Artinya tidak ada kenaikan berat badan yang bisa menyebabkan obesitas alias kelebihan berat badan.

3. Anti gangguan pencernaan 

Manfaat minum air putih di pagi hari yang ketiga adlah anti gangguan pencernaan. Minum air putih setelah bangun tidur sangat disarankan pada seseorang yang mengidap penyakit mag.

Sebab saat bangun tidur, keasaman dalam perut akan meningkat dan dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan. Untuk menetralisasi asam, air putih adalah hal yang paling baik. 

Baca Juga: Tips Mengatasi Mengi yang Mengganggu Pernapasan

4. Kulit lebih sehat

Manfaat minum air putih di pagi hari yang keempat adalah kulit lebih sehat. Kurang minum air putih, apalagi jika sampai dehidrasi bisa memicu terjadinya keriput  dan masalah pada kulit.

Bahkan beberapa kerutan bisa ditemukan pada seseorang yang masih muda, saat ia kurang mengonsumsi cairan yaitu air putih.

Minum hingga 500 ml air saat perut kosong pun dapat meningkatkan aliran darah di kulit. Saat hal ini terjadi, kulit akan menjadi lebih bersinar dan terlihat lebih muda.

5. Metabolisme lancar 

Manfaat minum air putih di pagi hari yang kelima adalah melancarkan metabolisme tubuh. Minum air putih setelah bangun tidur bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 24 persen lebih cepat.

Metabolisme yang lancar adalah salah satu hal yang sangat penting pada seseorang yang tengah menjalankan program penurunan berat badan. 

Itulah beberapa manfaat minum air putih di pagi hari yang bisa Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News