Keluarga

Jangan Letakkan Karpet Bulat di Ruangan Ini jika Ingin Rumah Terasa Harmonis

Jangan Letakkan Karpet Bulat di Ruangan Ini jika Ingin Rumah Terasa Harmonis

MOMSMONEY.ID - Apakah ada pakem cara meletakan karpet bulat di sebuah ruangan? Jika Anda ingin memiliki tatanan rumah yang indah dan harmonis, sebaiknya jangan meletakkan karpet di ruangan ini. 

Penataan di setiap ruangan di rumah bisa menimbulkan kesan yang berbeda. Jika Anda menata dengan sembarangan, justru rumah bisa saja terkesan dingin dan kaku.

Dan, kalau Anda menata dengan panduan yang tepat, maka rumah Anda akan jadi terasa sangat nyaman, harmonis, dan indah. 

Melansir Livingetc, karpet bisa menjadi alat yang cerdas untuk mendesain rumah supaya terasa lebih lembut dan nyaman serta bisa menonjolkan perabot yang melengkung di ruangan tersebut.

Karpet bulat juga bisa menghadirkan rasa keintiman dan dapat menyeimbangkan ruangan yang berbentuk aneh atau elemen arsitektur lainnya. 

Namun, meski karpet bulat sangat berfungsi pada sebuah ruangan, ada beberapa ruangan yang tidak cocok menggunakan karpet ini. 

Baca Juga: Bingung Menata Ruang Tamu Anda? Yuk, Intip Cara Berikut

Ini ruangan yang sebaiknya tidak menggunakan karpet bulat

1. Ruang tamu yang panjang dan sempit

Karpet bulat umumnya menambahkan kelembutan di ruangan Anda, namun berbeda jika di ruangan yang panjang dan sempit. Memberikan karpet bulat di ruangan yang panjang dan sempit dapat membuat ruangan terasa terputus-putus. 

Untuk memilih karpet yang tepat pada sebuah ruangan, Anda perlu memilih karpet yang sesuai dengan bentuk ruangannya. Permadani bulat di ruangan yang panjang dan sempit hanya memecah ruangan dan menambah kesan panjang ruangan. 

2. Jangan menggunakan karpet bulat di bawah meja kotak

Sama seperti bagaimana Anda ingin karpet menyesuaikan dengan dinding di sekitar Anda, tentunya Anda juga ingin furnitur di dalam ruangan yang meniru bentuk karpet.

Untuk alasan ini, karpet bulat tidak akan cocok diletakkan di bawah meja makan kotak. Sebaiknya, Anda memilih karpet yang sesuai dengan bentuk meja makan Anda. 

Baca Juga: Yuk, Intip Cara Memposisikan dan Menata Karpet dengan Sempurna

3. Jangan menggunakan karpet bulat yang terlalu kecil untuk ruangan

Anda perlu memikirkan koneksi antara karpet dengan bentuk ruangan. Ruangan yang besar akan membutuhkan karpet yang luas, dan ruangan kotak yang luas tidak akan cocok dengan karpet yang kecil dan meninggalkan banyak lantai terekspos.

4. Di pintu masuk yang sempit

Jangan meletakkan karpet bulat di area pintu masuk yang sempit. Sebab karpet bulat ini akan memberikan kesan yang sama saat Anda meletakkan karpet di ruang yang panjang dan sempit. Ini akan membuat  kesan tidak terbuka kepada tamu yang datang. 

5. Di bawah sofa berbentuk L

Jangan meletakkan karpet bulat di bawah sofa berbentuk L. Karpet bulat harus bisa mencerminkan furnitur yang Anda miliki. Sehingga furnitur dengan tepi yang tajam tidak akan cocok dengan lekukan halus pada karpet bulat. 

Demikian informasi mengenai ruangan yang sebaiknya tak diberi karpet berbentuk bulat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News