HOME, Bugar

Jangan Lakukan Hal ini Saat Isolasi Mandiri Covid-19

Jangan Lakukan Hal ini Saat Isolasi Mandiri Covid-19

MOMSMONEY.ID - Isolasi mandiri adalah proses penyembuhan dari virus Covid-19 dan salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran virus. Penularan Covid-19 ini memang semakin dekat dengan lingkungan terdekat kita.

Bahkan bisa menyebar kepada keluarga. Isolasi mandiri dilakukan bagi para penderita Covid-19 yang tidak mendapatkan akses ke pelayanan kesehatan ataupun yang memiliki gejala ringan atau tidak bergejala.

Jika pasien Covid-19 menjalani perawat di RS, tentu mereka wajib mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan mengikuti instruksi tenaga keseahatan agar kesehatan bisa lebih cepat membaik. Dan tenaga kesehatan memantau setiap perkembangan tubuh kita dan mengontrol kesehatan secara berkala. 

Ilustrasi Isolasi Mandiri

Baca Juga: Obat yang Perlu Diminum dan Dihindari saat Isoman COVID-19

Namun, untuk para penderita Covid-19 yang harus melakuakan perawatan secara mandiri, harus benar-benar bisa bertanggung jawab terhadap kesehatannya sendiri. Perhatikan hal-hal berikut untuk mendukung proses pemulihanmu berjalan dengan lancar saat menjalani isolasi mandiri. Jangan lakukan hal ini saat isolasi mandiri.

Baca Juga: Simak Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Menjaga Imunitas Tubuh

1. Jangan minum obat tanpa resep atau anjuran dokter. Hal ini sangat berbahaya jika dilakukan karena bisa jadi obat yang bukan berasal dari resep dokter bisa memengaruhi kesehatan lainnya. 

2. Jangan menggunakan atau mengonsumsi hydroxychloroquine (obat malaria).

3. Jangan tidur di ruangan yang tidak memiliki ventilasi. Pastikan ruangan atau tempat yang anda gunakan untuk isolasi mandiri memiliki sirkulasi udara yang baik. 

4. Jangan sekali-kali kontak langsung dengan anggota keluarga atau orang lain untuk menghindari penyebaran virus. 

5. Jangan melakukan pengobatan apapun tanpa anjuran dokter atau tenaga kesehatan lainnya. 

6. Jangan menyamakan resep obat dengan orang lain yang juga sedang mengalami Covid-19, karena bisa jadi ada penyakit penyerta yang kita tidak tahu. Gunakan obat dengan resep dokter.  

Selanjutnya: Tips Tetap Sehat dan Bahagia di Rumah saja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News