HOME, Bugar

Jangan Lakukan! 5 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Gusi Berdarah

Jangan Lakukan! 5 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Gusi Berdarah

MOMSMONEY.ID - Gusi berdarah adalah gejala paling umum dari penyakit gusi, tetapi ia bisa menunjukkan masalah kesehatan lainnya. 

Penyebab gusi berdarah juga sesekali dapat disebabkan oleh hal sepele, seperti menyikat gigi terlalu keras atau memakai gigi palsu yang tidak pas.  

Ingat, perdarahan gusi yang sering tidak boleh dibiarkan saja, sebab ia dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius.  

Hal ini bisa mengakibatkan seperti periodontitis (bentuk lanjut dari penyakit gusi), leukemia (kanker darah), kekurangan vitamin, dan kekurangan sel pembekuan (trombosit). 

Baca Juga: Inilah Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Dilansir dari Health Focus dan Medical News Today, secara umum, berikut berbagai kebiasaan yang menjadi penyebab gusi berdarah yang perlu Anda waspadai, antara lain:  

1. Menyikat gigi terlalu keras

Kebiasaan yang menjadi penyebab gusi berdarah yang pertama adalah menyikat gigi terlalu keras. Menyikat gigi sekuat tenaga tidak akan menjamin gigi pasti menjadi bersih mengkilap. 

Menyikat gigi terlalu keras dan kencang justru dapat menyebabkan gusi Anda berdarah. Oleh karena itu, sikat gigilah dengan santai dan perlahan. 

Perhatikan juga teknik menyikatnya agar pasti bersih meski pelan-pelan. Hindari menyikat gigi dengan gerakan maju mundur seperti sedang menyetrika pakaian. 

Gosoklah gigi Anda dengan gerakan memutar dari atas ke bawah selama 20 detik untuk setiap sisi. 

2. Kebiasaan merokok

Kebiasaan yang menjadi penyebab gusi berdarah yang kedua adalah berhenti melakukan kebiasasn merokok. Kebiasaan merokok sudah terbukti merusak kesehatan tubuh. 

Center for Diseases Control and prevention (CDC) bahkan mengatakan bahwa perokok aktif bisa dua kali lebih berisiko mengalami penyakit gusi (periodontitis) ketimbang orang yang tidak merokok. 

3. Kekurangan vitamin C dan K

Kebiasaan yang menjadi penyebab gusi berdarah yang ketiga adalah kekurangan vitamin C dan K. Gusi berdarah yang Anda alami karena tubuh kekurangan vitamin C dan K. 

Vitamin C dan K adalah dua vitamin yang penting untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Masih banyak orang yang kekurangan asupan kedua vitamin tersebut. 

Baca Juga: 5 Cara Alami yang Ampuh Menghilangkan Karang Gigi

4. Karang gigi

Kebiasaan yang menjadi penyebab gusi berdarah yang keempat adalah karang gigi. Plak yang menumpuk bisa berubah dan mengeras menjadi karang gigi. 

Untuk mengatasi gusi berdarah akibat penumpukan karang gigi, maka Anda harus mendatangi dokter gigi secara rutin setidaknya enam bulan sekali. 

5. Gingivitis

Kebiasaan yang menjadi penyebab gusi berdarah yang kelima adalah gingivitas. Radang gusi (gingivitis) adalah masalah mulut yang paling sering menjadi penyebab gusi berdarah. 

Kondisi ini menyebabkan gusi meradang dan bengkak hingga mudah berdarah. Kadang, gingivitis juga dapat menyebabkan rasa nyeri dan ngilu intens pada gusi yang bermasalah. 

Dari hal-hal kecil di keseharian kita yang sebenarnya bisa dicegah. Itulah beberapa ebiasaan yang menjadi penyebab gusi berdarah yang perlu Anda waspadai. 

Maka, jangan tunda untuk cek ke dokter gigi jika setelah mengubah kebiasaan pun gusi Anda masih sering berdarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News