Bugar

Jangan Konsumsi Berlebihan! Ini 5 Makanan yang Tidak Baik untuk Kesehatan Ginjal

Jangan Konsumsi Berlebihan! Ini 5 Makanan yang Tidak Baik untuk Kesehatan Ginjal

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa makanan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal dan sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan.

Ginjal memiliki banyak fungsi, di antaranya menyaring darah, membuang limbah metabolisme, mengontrol tekanan darah, dan mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam darah.  

Saat seseorang mengalami gagal ginjal, fungsi-fungsi ginjal tersebut tidak berjalan normal. Gagal ginjal tidak hanya disebabkan oleh suatu penyakit atau gaya hidup yang tidak sehat. 

Risiko Anda mengalami gagal ginjal juga akan meningkat jika Anda sering mengonsumsi makanan yang berpotensi menyebabkan gagal ginjal. 

Menjaga kesehatan ginjal dapat Anda lakukan dengan membatasi konsumsi makanan-makanan penyebab gagal ginjal.

Dilansir dari Web MD, inilah beberapa makanan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal dan sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan, antara lain: 

Baca Juga: Buah yang Cocok Untuk Penderita Diabetes & Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

1. Nasi merah

Makanan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal pertama adalah nasi merah. Sama seperti roti gandum, nasi merah juga adalah makanan sehat yang harus dihindari pengidap penyakit ginjal.

Ini karena nasi merah memiliki kandungan kalium dan fosfor yang lebih tinggi daripada nasi putih. 

Satu cangkir nasi merah mengandung 150 miligram fosfor dan 154 miligram kalium, sedangkan satu cangkir nasi putih hanya mengandung 69 miligram fosfor dan 54 miligram kalium.  

2. Makanan yang mengandung terlalu banyak protein

Makanan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal kedua adalah makanan yang mengandung terlalu banyak protein. 

Protein pada dasarnya memiliki manfaat seperti memperbaiki jaringan tubuh, menjaga kesehatan tulang, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan massa otot. 

Namun, jika jumlah yang dikonsumsi berlebihan, protein justru berpotensi merusak ginjal. Saat tubuh mendapat asupan protein dari makanan, protein tersebut akan diolah melalui proses metabolisme. 

Proses ini akan menghasilkan zat sisa atau limbah yang nantinya akan dibuang dari dalam tubuh oleh ginjal. 

3. Roti gandum

Makanan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal ketiga adalah roti gandum. Memilih jenis roti yang tepat mungkin bisa sedikit membingungkan bagi pengidap penyakit ginjal.

Untuk orang sehat, roti gandum sangat disarankan dibanding roti tawar putih. Hal ini karena, roti gandum memiliki kandungan serat yang tinggi.

Namun, bagi pengidap penyakit ginjal, roti tawar putih justru lebih direkomendasikan daripada roti gandum. 

Ini karena roti gandum mengandung fosfor dan kalium yang tinggi. Semakin banyak biji-bijian utuh dalam roti, semakin tinggi kandungan fosfor dan kaliumnya. 

4. Makanan tinggi fosfor

Makanan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal selanjutnya adalah makanan tinggi fosfor. Fosfor sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.

Akan tetapi, jumlah konsumsinya harus diperhatikan, sebab mengonsumsi terlalu banyak fosfor dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit ginjal. 

Jika Anda mengonsumsi fosfor lebih banyak dari itu, bukan hanya penyakit ginjal yang mengintai Anda, tapi juga penyakit jantung dan perlemahan tulang. 

Baca Juga: Waspada! Ini 6 Penyakit yang Mudah Menyebar jika Malas Cuci Tangan

5. Alpukat

Makanan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal terakhir adalah alpukat. Alpukat memiliki nutrisi yang cukup baik, seperti lemak, serat dan antioksidan yang menyehatkan jantung.

Meski demikian, orang yang mengidap penyakit ginjal mungkin perlu membatasi konsumsi buah hijau yang satu ini. 

Pada ginjal yang sudah tidak dapat berfungsi dengan baik, kadar kalium dalam darah yang tinggi dapat memengaruhi detak jantung.

Itulah mengapa alpukat sebaiknya dihindari bila Anda memiliki masalah pada organ penyaringan ini agar tidak berkembang dan menimbulkan gagal ginjal. 

Makanan penyebab gagal ginjal umumnya dapat menimbulkan gangguan pada ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Oleh karena itu, perhatikan baik-baik jenis dan jumlah makanan yang Anda konsumsi. 

Bila perlu, konsultasikan dengan dokter mengenai jenis makanan yang harus Anda hindari dan batasi, sesuai kondisi Anda. 

Itulah beberapa makanan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal dan sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News