Keluarga

Jangan Khawatir Jika Tak Punya Kebun, Ini Sayuran yang Bisa Ditanam di Balkon Rumah

Jangan Khawatir Jika Tak Punya Kebun, Ini Sayuran yang Bisa Ditanam di Balkon Rumah

MOMSMONEY.ID - Menanam sayuran kini tak memerlukan lahan yang luas. Di lahan sempit seperti balkon dan atap rumah bisa dijadikan tempat untuk budidaya sayuran. 

Kamu tak perlu khawatir apabila tidak mempunyai kebun untuk menanam sayuran. Kamu bisa menanam sayuran menggunakan wadah apapun. 

Ada beberapa sayuran yang bisa ditanam di balkon rumah hanya menggunakan wadah yang sudah tidak terpakai. 

Lalu, sayuran apa saja yang bisa ditanam di balkon rumah? Nah, berikut penjelasan dan cara menanam sayuran di balkon rumah. 

Kacang 

Kacang Tanah

Kamu bisa menanam kacang di balkon rumah. Hal yang kamu perlukan hanyalah wadah atau pot. Pastikan kamu memilih tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup. 

Tanam kacang dalam pot sedalam 10-12 inci dan beri teralis untuk penyangga. 

Baca Juga: Ingin Budidaya Kentang tapi Lahan Sempit? Tanam Saja di dalam Pot, Berikut Caranya!

Tomat 

Tak salah lagi, tomat adalah sayuran yang paling mudah tumbuh jika ditanam di tempat yang banyak sinar matahari. Kamu bisa menanam tomat ceri untuk hasil yang lebih baik. 

Selada 

Selada Daun

Menanam selada dalam pot sangatlah mudah. Selada dapat tumbuh dengan cepat.  Untuk menanam selada, pilih wadah yang lebar. Gunakan tanah yang dikeringkan dengan baik. Kemudian, lakukan penyiraman sesering mungkin untuk menjaga tanah selalu sedikit lembab. 

Timun

Timun adalah salah satu sayuran yang bisa ditanam di pot. Meski demikian, timun membutuhkan penyiraman secara teratur, sinar matahari penuh, suhu hangat dan pemupukan. 

Baca Juga: Karet Gelang Bisa Menumbuhkan Tanaman Baru? Yuk Coba Cara Mudah Ini!

Terong 

Untuk menanam terong, pilih pot yang dalam dan lebar 10-12 inci. Pilih tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung minimal 5-7 jam. 

Wortel 

Taburkan benih varietas wortel yang pendek daripada yang standar karena membutuhkan lebih banyak ruang untuk menumbuhkan akar. 

Jauhkan tanaman wortel di bawah sinar matahari secara langsung. Menanam wortel di balkon rumah perlu hati-hati karena rentan terhadap jamur. Sehingga jangan membasahi daunnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News