HOME, Bugar

Jangan Khawatir! Ini 5 Tips Mengatasi Lapar Secara Efektif Saat Diet

 Jangan Khawatir! Ini 5 Tips Mengatasi Lapar Secara Efektif Saat Diet

MOMSMONEY.ID - Lapar saat diet adalah hal yang wajar karena tubuh dipaksa untuk mengurangi asupan makanan sehingga membuat Anda harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan ini.  

Ketika sedang diet bukan perkara yang mudah untuk menahan rasa lapar. Apalagi melihat makanan lezat yang ada di depan mata. 

Ingatlah bahwa memiliki berat badan yang ideal bermanfaat  bagi kesehatan dan penampilan. Anda pun harus disiplin dalam menjaga pola makan agar tidak berlebihan. 

Baca Juga: 5 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Dilansir dari Women Health dan Mayo Clinic, berikut ini tips mengatasi lapar secara efektif saat diet, antara lain:  

1. Minum air putih

Tips mengatasi lapar secara efektif saat diet yang pertama adalah dengan minum air putih. Ini merupakan cara menahan lapar yang mudah dilakukan. 

Minum air putih dapat membantu menahan rasa lapar. Penelitian menunjukkan minum dua gelas air sebelum makan bisa membuat Anda makan dengan porsi yang lebih sedikit. 

2. Perbanyak makanan berserat 

Tips mengatasi lapar secara efektif saat diet yang kedua adalah memperbanyak makanan mengandung serat. Konsumsi serat juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. 

Makanan berserat, seperti buah, sayur, kacang, dan biji-bijian yangmengandung rendah kalori ini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan memperlambat pengosongan lambung. 

Sehingga, dengan memperbanyak konsumsi serat saat diet, Anda bisa merasa kenyang lebih lama. 

3. Jeruk

Tips mengatasi lapar secara efektif saat diet yang ketiga adalah mengonsumi jeruk. Anda dapat menahan rasa lapar dengan mengonsumsi jeruk. 

Penelitian menunjukkan bahwa asupan berkalori rendah yang kaya serat tersebut bisa membantu Anda merasa cepat kenyang dan menjaga gula darah tetap stabil. 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

4. Camilan kaya protein

Tips mengatasi lapar secara efektif saat diet yang keempat adalah mengonsumsi camilan kaya protein.  

Camilan berprotein tinggi dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori total pada jam makan berikutnya. 

Misalnya, yogurt tinggi protein lebih efektif dalam mengurangi lapar daripada biskuit atau cokelat tinggi lemak.  

Mengonsumsi yogurt berprotein tinggi di sore hari juga bisa membantu Anda makan malam dengan kalori yang lebih sedikit. 

5. Tidur cukup

Tips mengatasi lapar secara efektif saat diet yang kelima adalah tidur yang cukup. Tidur dengan cukup dapat membantu mengurangi rasa lapar. 

Hal ini berbanding terbalik dengan kurang tidur. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur justru bisa meningkatkan lapar dan nafsu makan hingga 24%. 

Bahkan tidur kurang dari 6 jam per malam juga dikaitkan dengan risiko obesitas hingga 55% lebih tinggi. 

Berbagai cara adalah tips mengatasi lapar secara efektif saat diet yangKetika hasrat tersebut dapat dikendalikan, maka Anda akan terhindar dari makan secara berlebihan. 

Namun, pastikan untuk tidak menahan rasa lapar dengan ekstrim karena bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News