Bugar

Jangan Keliru! Simak Cara Memilih Toner Sesuai Jenis Kulit

Jangan Keliru! Simak Cara Memilih Toner Sesuai Jenis Kulit

MOMSMONEY.ID - Toner termasuk basic skincare yang perlu digunakan sehari-hari untuk merawat kulit wajah. Penggunaan toner berfungsi untuk melembabkan kulit, menghapus sisa make up, bahkan bisa mengatasi masalah jerawat dan bekasnya.

Sebelum menggunakan toner, ada baiknya perhatikan dahulu kandungan dan kesesuaian dengan jenis kulit. Jika Anda menggunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit, maka kulit akan terawat dengan tepat. Oleh karena itu, berikut cara memilih toner yang sesuai jenis kulit dilansir dari cleanandclear.co.id, yaitu: 

Double cleansing

1. Kulit Berminyak

Pertama, seperti yang Anda tahu bahwa kulit berminyak memproduksi kadar minyak yang berlebih pada kulit. Menurut para ahli, pemilik kulit berminyak untuk memilih toner yang mengandung bahan aktif, serta mampu meminimalisir dan mengontrol minyak, menyegarkan kulit, dan memperkecil pori-pori seperti Astringent.

Secara alami, zat ini terdapat pada mentimun. Oleh sebab itu, mengenakan masker mentimun disarankan sebagai cara merawat kulit wajah untuk pemilik kulit wajah berminyak.

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Mudah Membuat Kulit Wajah Halus dan Lembut

2. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan gabungan dua jenis kulit, seperti berminyak dan kering. Hal ini yang menyebabkan sebagian area kulit cukup berminyak dan sebagian lainnya justru kering. Anda disarankan untuk mengenakan dua jenis toner sekaligus.

Untuk T-zone area (dahi, hidung, dan sekitar pipi) yang cenderung berminyak, Anda disarankan mengaplikasikan toner seperti yang digunakan para pemilik tipe kulit wajah berminyak. Sebaliknya, untuk area di luar T-zone area, yang cenderung kering, Anda disarankan memilih toner yang minim kandungan alkohol agar kulit tak semakin kering.

3. Kulit Kering

Terakhir, pada kulit kering hindari toner wajah yang mengandung  alkohol karena hanya akan membuat kulit Anda makin kehilangan kelembapan alaminya dan terkesan lebih kesat. Sebaliknya, Anda disarankan memilih toner wajah berbahan lotion yang bisa melembapkan kulit. Toner ini akan membantu menghidrasi dan melembutkan kulit wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News