Jangan Keliru, Simak 4 Tips Memilih Ubin untuk Area Outdoor Rumah

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 15 Agustus 2022 | 19:30 WIB
Jangan Keliru, Simak 4 Tips Memilih Ubin untuk Area Outdoor Rumah


MOMSMONEY.ID - Penggunaan ubin pada suatu hunian tidak hanya terbatas pada bagian dalam atau interiornya saja.

Justru, ubin banyak dipakai untuk menutupi sekaligus mempercantik area outdoor di rumah, seperti taman, carport, teras, dan masih banyak lagi.

Supaya bagian outdoor atau eksterior rumah semakin cantik, tentu pemilihan ubinnya tidak boleh sembarangan. Sebab, berbeda dengan ubin untuk interior rumah, ubin yang digunakan untuk area outdoor harus tahan terhadap kondisi ruang terbuka yang tidak menentu.

Jadi, kira-kira apa saja yang harus diperhatikan saat memilih ubin untuk area outdoor rumah? Dirangkum dari Real Homes, Designer Deck, dan Tile Market, berikut tipsnya.

Baca Juga: Dipercaya Membawa Keberuntungan, Begini Tips Feng Shui untuk Kamar Tidur

Perhatikan cuaca dan lokasi ubin

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah cuaca di lingkungan rumah serta lokasi yang akan dipasangi ubin. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi jenis ubin yang bisa digunakan.

Sebagai contoh, jika Anda akan memasang ubin di area yang terpapar banyak sinar matahari, pastikan Anda memilih ubin yang tahan perubahan suhu (khususnya tahan panas) supaya tidak mudah retak.

Selain itu, untuk tempat yang sering terkena air (misalnya kolam atau bagian teras yang terkena hujan), hindari menggunakan ubin dengan banyak pori karena mudah menyerap air dan berlumut. Intinya, sesuaikan jenis ubin dengan kondisi cuaca di rumah dan lokasi ubin tersebut.

Pertimbangkan faktor keselamatan

Selanjutnya, pertimbangkan juga faktor keselamatan penghuni rumah saat nantinya menggunakan area yang dipasangi ubin tersebut.

Karena ubin di area outdoor kerap terpapar air hujan dan kelembapan, Anda bisa memilih menggunakan ubin dengan tekstur yang kasar sehingga meminimalisir risiko licin dan tergelincir.

Di sisi lain, hindari menggunakan ubin berwarna gelap di area yang sering terpapar sinar matahari, karena akan menyerap panas dan bisa menyebabkan luka bakar jika terinjak atau tersentuh.

Baca Juga: Aman dan Nyaman, Simak 5 Cara Membuat Rumah yang Ramah untuk Lansia

Pilih model yang cocok dengan rumah

Ketika memilih ubin untuk area outdoor, jangan lupa untuk memperhatikan sisi estetika alias tampilannya. Jadi, pilihlah model ubin yang cocok dengan gaya rumah Anda.

Supaya tidak merepotkan, Anda bisa memilih ubin dengan warna yang mirip dengan bagian indoor atau interior rumah sehingga tampilan rumah terlihat nyambung.

Namun, jika Anda menginginkan kesan yang berbeda, tak ada salahnya menggunakan warna dan bahan ubin yang berbeda, asalkan tidak terlalu bertolak belakang dengan tampilan rumah.

Perhatikan kualitas dan ketahanannya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ubin yang digunakan untuk area outdoor sebaiknya memiliki ketahanan yang tinggi terhadap paparan cuaca di luar rumah

Di samping itu, ubin untuk area outdoor idealnya mudah dirawat dan dibersihkan serta tahan terhadap noda. Kombinasi antara hal-hal di atas akan membuat ubin tidak mudah rusak dan membantu menjaga tampilan rumah Anda.

Nah, itulah beberapa tips memilih ubin untuk area outdoor rumah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER