Bugar

Jangan Keliru, Pahami 5 Kesalahan Menggunakan Retinol Produk Skincare

Jangan Keliru, Pahami 5 Kesalahan Menggunakan Retinol Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Ada banyak kesalahan menggunakan retinol yang pernah dilakukan wanita. Kesalahan menggunakan retinol ini menyebabkan kondisi wajah semakin parah dan malah muncul masalah kulit baru.

Apakah Anda pernah melakukan beberapa kesalahan di bawah ini? Jangan keliru, berikut lima kesalahan menggunakan retinol yang harus Anda tahu dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Digunakan Terlalu Sering

Kesalahan pertama menggunakan retinol adalah digunakan terlalu sering. Retinol ini memiliki power yang terlalu kuat sehingga perlu berwaspada. Untuk yang konsentrasinya di atas 1%, sebaiknya 1-2 kali saja dalam seminggu.

Kalau di bawah 1%, Anda bisa memakainya 3-4 kali dalam seminggu, atau setiap hari (malam hari saja), dengan catatan rutin menggunakan moisturizer setelahnya dan memakai sunscreen keesokan paginya.

Saat memakai produk skincare, Anda tidak perlu pakai banyak-banyak atau terlalu sering hanya karena ingin melihat hasilnya. Dampak terlalu sering pakai retinol bisa membuat kulit kering, terasa “ketarik”, bahkan mengelupas.

2. Langsung Memakai Produk Konsentrasi Tinggi

Kesalahan menggunakan retinol selanjutnya adalah langsung memakai produk konsentrasi tinggi. Bagi pemula, sebaiknya Anda mencoba skincare retinol dengan konsentrasi rendah, misalnya 0,5% atau 1%.

Kemudian, jangan langsung menggunakan serum, Anda bisa coba produk toner lebih dulu. Hal ini karena biasanya konsentrasi serum lebih tinggi dari toner. Jangan langsung pakai yang di atas 1% agar kulit tidak iritasi.

Baca Juga: Harus Tahu! Inilah 5 Penyebab Warna Kulit Wajah Tidak Merata

3. Dipakai Bersama Kandungan AHA dan BHA

Hindari menggunakan retinol bersamaan dengan kandungan AHA dan BHA. Alasannya karena AHA dan BHA sifatnya meng-eksfoliasi kulit, jadi sel-sel kulit mati terangkat, dan kulit jadi lebih halus serta lebih sensitif.

Jika digabungkan dengan retinol yang sifatnya merangsang regenerasi sel kulit dan produksi kolagen, kulit Anda jadi dipaksa bekerja keras. Hal ini akan membuat kulit semakin sensitif dan mengelupas.

4. Tidak Pakai Moisturizer

Kesalahan menggunakan retinol berikutnya adalah tidak pakai moisturizer.  Setelah memakai produk retinol, kulit bisa jadi kering dan iritasi kalau tidak dilanjutkan dengan pemakaian moisturizer. Fungi moisturizer dapat melembapkan kulit dengan maksimal.

Jika kulit Anda cenderung sensitif dan ingin pakai serum retinol, Anda bisa balik pengaplikasiannya. Anda bisa pakai moisturizer terlebih dulu, lalu aplikasikan serum retinol, supaya kelembapan kulit terjaga dulu, dan retinol tidak langsung “menyentuh” kulit Anda. 

5. Tidak Pakai Sunscreen

Selain moisturizer, tidak memakai susncreen juga termasuk kesalahan menggunakan retinol. Retinol bisa membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Sehingga saat Anda mengaplikasikan skincare retinol di malam hari dan keesokannya tidak mengoleskan sunscreen, sangat wajar kalau wajah Anda jadi memerah atau bahkan terlihat kusam.

Sunscreen sangat perlu dipakai setiap hari saat pagi dan siang. Jadi jangan sampai lupa menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan tekstur yang cepat meresap agar kulit Anda terasa nyaman.

Itulah beberapa kesalahan menggunakan retinol yang cukup sering dilakukan. Kini, tidak perlu khawatir lagi dengan pemakaian produk skincare berbahan retinol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News