Bugar

Jangan Keliru, Inilah Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Jangan Keliru, Inilah Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

MOMSMONEY.ID - Walaupun sama-sama bisa melindungi kulit dari sinar matahari, ternyata inilah perbedaan sunblock dan sunscreen.

Pentingnya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, hal ini karena dampak buruk yang diakibatkan dari sinar UVA dan UVB bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar maupun memunculkan efek penuaan dini hingga kanker kulit.

Salah satu cara terbaik melindungi kulit dengan menggunakan produk sunscreen atau sunblock. Seringnya kita beranggapan bahwa kedua produk tersebut sama, namun ternyata ada bedanya. 

Melansir dari loreal-paris.co.id, simak perbedaan sunblock dan sunscreen di bawah ini : 

Baca Juga: Promo PegiPegi Selama Juni 2023, Diskon Tiket Pesawat Mulai dari Rp 300.000-an

1. Fungsi

Pertama, perbedaan sunblock dan sunscreen yang bisa dilihat dari fungsinya. Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit.

Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB saja. Namun, saat ini sudah banyak sunscreen wajah yang bagus dibuat untuk menangkal bahaya sinar UVA, yang biasanya menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan keriput pada wajah.

Sementara untuk sunblock, hampir semua bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

2. Kandungan di Dalam Produk

Perbedaan selanjutnya ada pada kandungan yang dimiliki produk sunblock dan sunscreen. Pada umumnya, di dalam sunscreen ada bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit.

Kandungan yang biasa ada di sunscreen, yakni Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA. Sementara di dalam sunblock ada kandungan mineral seperti titanium dioxide yang termasuk dalam mineral alami yang tidak mudah terurai di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Promo Traveloka 5-11 Juni 2023, Diskon Tiket Pesawat Domestik Hingga Rp 1 Juta

3. Cara Kerja

Perbedaan sunblock dan sunscreen juga bisa dilihat dari cara kerja keduanya. Sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit.

Sementara sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit.

Cara kerja yang berbeda ini membuat sunscreen harus dioleskan 20 menit sebelum keluar dari ruangan. Hal ini karena kandungannya memerlukan waktu untuk menyerap ke dalam kulit.

Sementara sunblock bisa langsung bekerja sesaat setelah dioleskan pada kulit. Selain itu, baik sunscreen ataupun sunblock harus dioleskan ulang setiap 2-3 jam agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sekarang Anda sudah tahu perbedaan sunblock dan sunscreen untuk kulit. Kedua produk tersebut sama-sama baik karena bisa mencegah efek buruk sinar UV. Anda bisa memilih produk berdasarkan kebutuhan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News