HOME, Keluarga

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Furniture Indoor dan Outdoor!

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Furniture Indoor dan Outdoor!

MOMSMONEY.ID - Furniture merupakan barang yang lazim ada di rumah. Tanpa furniture, rumah akan terlihat kosong dan kurang berfungsi dengan maksimal.

Furniture umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu furniture indoor dan outdoor. Walaupun dari luar kelihatan sama, ternyata keduanya memiliki karakteristiknya sendiri.

Nah, supaya tidak keliru memilih furniture untuk rumah Anda, ada baiknya kenali perbedaan karakteristik kedua jenis furniture tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Rumah Subsidi? Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Penggunaan furniture

Sesuai dengan namanya, furniture indoor biasanya digunakan di dalam ruangan, sementara furniture outdoor digunakan di luar ruangan seperti teras dan taman. Dilansir dari Ruparupa.com, furniture indoor memiliki banyak jenis, seperti tempat tidur, kabinet dapur, meja, sofa, dan lain-lain.

Sedangkan, furniture outdoor umumnya hanya berkisar pada barang-barang yang umumnya digunakan di luar ruangan seperti meja dan kursi taman.

Material furniture

Karena memiliki kegunaan yang berbeda, perbedaan utama furniture indoor dan outdoor umumnya terletak pada bahan atau material penyusunnya. Furniture indoor biasanya terbuat dari material yang lebih fleksibel. Selain itu, furniture indoor  terbuat dari bahan yang lembut dan dilapisi oleh bahan pelapis tambahan supaya tahan terhadap debu, kotoran, dan goresan.

Karena tidak didesain untuk penggunaan luar ruangan, furniture indoor rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh gangguan alam, misalnya perubahan suhu, hujan, dan sinar matahari. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan furniture indoor di luar ruangan.

Sebaliknya, furniture outdoor biasanya terbuat dari bahan yang lebih solid dan tahan lama. Dikutip dari Etch and Bolts, kayu yang digunakan sebagai furniture outdoor umumnya memiliki minyak alami yang berfungsi untuk menambah durabilitas dan ketahanan furniture.

Furniture outdoor juga terbuat dari campuran beberapa material, seperti kayu jati yang dipadukan dengan stainless steel atau plastik yang kokoh. Material furniture outdoor yang lebih kokoh dan solid membuatnya cocok untuk digunakan di dalam ruangan. Jadi, penggunaan furniture outdoor lebih fleksibel dibandingkan furniture indoor.

Baca Juga: Kenali Kelebihan Lantai Vinyl untuk Hunian Anda, Apa Saja?

Perawatan

Bagaimana dengan perawatan kedua jenis furniture ini? Furniture indoor cenderung membutuhkan perawatan yang rutin dan teliti. Pasalnya, furniture indoor lebih mudah mengalami kerusakan atau pelapukan dibandingkan dengan furniture outdoor. Selain harus rutin dibersihkan, beberapa jenis furniture indoor juga perlu dipoles ulang jika dibutuhkan, terutama furniture berbahan kayu.

Di sisi lain, furniture outdoor membutuhkan perawatan yang minim karena ketahanannya yang tinggi. Anda hanya perlu membersihkannya sesekali tanpa perlu memberi finishing atau polesan ulang.

Itulah perbedaan mendasar antara furniture indoor dan outdoor yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai keliru memilih, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News