HOME, Bugar

Jangan Kebanyakan, Makanan Minuman Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Jantung

Jangan Kebanyakan, Makanan Minuman Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Jantung

MOMSMONEY.ID - Jakarta. Pola makan berpengaruh besar terhadap kesehatan manusia. Sejumlah makanan dan minuman bisa menjadi penyebab sakit jantung.

Serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada atlet yang rutin olahraga. Selain faktor keturunan, penyakit dan serangan jantung bisa terjadi karena faktor makanan. Hindari sejumlah makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab sakit jantung.

Belum lama ini, Christian Eriksen, pemain sepakbola tim nasional Denmark, ambruk saat pertandingan melawan Finlandia akibat mengalami henti jantung. Eriksen selamat dari serangan jantung tersebut. Namun, mantan atlet bulu tangkis Indonesia, Markis Kido yang juga mengalami serangan jantung tidak bisa selamat.

Kita harus selalu berupaya menjaga kesehatan jantung sedari dini agar fungsinya tetap terjaga. Cara terbaiknya yakni dengan menjaga pola hidup sehat termasuk jenis asupan yang dikonsumsi.

Berikut beberapa daftar makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab sakit jantung

  • Daging merah

Makanan pertama yang bisa menjadi penyebab sakit jantung adalah daging merah. Kebiasaan konsumsi daging merah seperti sapi, domba dan babi terlalu sering dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Meski rasanya lezat, jenis pangan itu tinggi lemak jenus yang dapat meningkatkan kolestrol.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bagaimana bakteri usus memproses bagian dari daging yang disebut L-carnitine. Ada baiknya mengurangi porsi makan jenis daging ini dan cari alternatif yang lebih sehat dan bebas lemak. Misalnya daging sapi bulat, sirloin, dan daging giling ekstra.

Baca juga: Awas serangan jantung, begini cara pencegahan dan penanganan pertamanya

  • Softdrink

Minuman yang bisa menjadi penyebab sakit jantung adalah softdrink. Minuman bersoda terasa menyegarkan apalagi ketika dinikmati ketika udara sedang panas.

Sayangnya, soda kalengan mengandung kadar gula tinggi, jauh di atas rekomendasi konsumsi per hari. Penikmat minuman ini akan cenderung mengalami kenaikan berat badan, obesitas, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Jika sulit berhenti minum softdrink, bisa mencoba minuman berkarbonasi tanpa pemanis tambahan.

  • Cake

Makanan kedua yang bisa menjadi penyebab sakit jantung adalah cake. Kudapan berupa cookies, cake, dan muffin juga berdampak buruk pada kesehatan jantung. Beberapa alasannya yakni kadar gula tambahan dan trigliserida yang tinggi yang dapat meningkatkan risiko gangguan jantung.

Tepung menjadi bahan utamanya juga dapat menyebabkan gula darah dan membuat kita lebih mudah lapar. Cobalah membuat kue dengan resep yang lebih sehat dengan menggunakan tepung gandung utuh, sugar trim dan minyak nabati sebagai pengganti mentega atau butter.

Simak daftar makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab sakit jantung di halaman selanjutnya

  • Nasi putih, roti dan pasta

Makanan ketiga yang bisa menjadi penyebab sakit jantung adalah nasi putih, roti, dan pasta. Ketiga jenis sumber karbohidrat ini punya implikasi pada jantung yang harus dipertimbangkan.

Jenis pangan tersebut mengandung gula yang disimpan tubuh sebagai lemak dan menurut penelitian meningkatkan risiko jantung dan diabetes tipe 2. Atur porsi makan kita dan terapkan menu yang sehat agar kebutuhan tetap terpenuhi dan kesehatan terus terjaga.

  • Ayam goreng tepung

Makanan keempat yang bisa menjadi penyebab sakit jantung adalah ayam goreng tepung. Ayam goreng adalah salah satu makanan favorit masyarakat modern yang diolah dengan berbagai gaya. Meskipun mengandung protein daging ayam, ada tambahan tidak sehat berupa kalori, lemak dan natrium akibat proses memasaknya.

Studi telah menghubungkan makanan yang digoreng dengan diabetes tipe 2, obesitas, dan tekanan darah tinggi yang meningkatkan risiko gagal jantung. Untuk pilihan yang tetap renyah namun lebih sehat, balur dada ayam tanpa kulit dengan tepung gandum utuh. Masak dengan cara dipanggang, bukan digoreng, agar efek jahatnya bisa diminimalisir.

Baca juga: Olahraga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Berlebih

  • Pizza

Makanan kelima yang bisa menjadi penyebab sakit jantung adalah pizza. Kuliner asal Italia ini buruk bagi jantung karena kadar natrium, lemak dan kalori yang tinggi. Apalagi jika dibawa pulang atau dibeli dalam bentuk beku untuk dipanaskan ulang.

Boleh saja menikmati makanan ini sesekali namun terapkan beberapa cara agar lebih sehat. Misalnya memilih dasaran tipis dari gandum utuh, sedikit keju, perbanyak sayuran, kurangi garam dan tanpa topping daging.

  • Alkohol

Minuman kedua yang bisa menjadi penyebab sakit jantung adalah alkohol. Menikmati minuman beralkohol sangat membahayakan jantung jika kita menderita tekanan darah tinggi atau trigliserida tinggi, sejenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Harus dipahami pula, kebiasaan minum alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gagal jantung, stroke, dan penambahan berat badan.

Itulah daftar makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab sakit jantung. Kurangi dari sekarang, agar jantung tetap sehat hingga hari tua.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Makanan yang Berdampak Buruk pada Kesehatan Jantung",


Penulis : Sekar Langit Nariswari
Editor : Lusia Kus Anna

Selanjutnya: Cermati Baik-Baik, Ini Pemicu dan Ciri Serangan Jantung Saat Olahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News