HOME, AturUang

Jangan Hanya Andalkan JHT, Siapkan Dana Pensiun Mandiri Sejak Dini

Jangan Hanya Andalkan JHT, Siapkan Dana Pensiun Mandiri Sejak Dini

MOMSMONEY.ID -   Jika ditanya apakah cukup mengandalkan dana pensiun dari jaminan hari tua dan jaminan pensiun? Andy Nugroho, perencana keuangan Alliance Advisor Group mengatakan tergantung dari tiap-tiap orang. 

Setiap orang punya keinginan gaya hidup yang berbeda di masa tuanya. Makanya, perlu sedini mungkin mengkalkulasi kira-kira butuh berapa untuk bisa memenuhi kebutuhan dari masa pensiun hingga meninggal. 

Andy memaparkan, misalnya pengeluaran per bulan saat ini Rp 5 juta. Lantas, jika setahun maka Rp 60 juta. Kemudian kita ingin hidup 20 tahun lagi sejak usia pensiun atau dari usia 55-75 tahun. situ, secara kasar dana yang kita butuhkan adalah Rp 1,2 miliar. Dana ini belum dihitung dengan inflasi. Jadi, nilai yang dibutuhkan bisa makin besar. 

Baca Juga: Memasuki Usia Pensiun, Anda Wajib Punya Asuransi Ini

"Sekarang intip saldo BPJSTK kita, mungkin gak akan sampai di situ saat usia pensiun? Kalau tidak ya harus punya investasi sendiri untuk memenuhi dana pensiun tersebut, " ujar Andy.

Dia berpesan, jangan sampai justru membebani anak. Lebih lagi, bisa saja sang anak meninggal duluan atau justru memang kemampuan finansialnya tidak bisa memenuhi kebutuhan orang tuanya. 

Buruk-buruknya, ketika makin tua kesehatan pun makin rentan. Yang jadi pertanyaan apakah dana dari JHT dan jaminan pensiun cukup untuk mengcover kesehatan kita? Mau tak mau selain pengeluaran tetap, ada pula biaya cadangan untuk berobat yang disiapkan. 

Nah, sudahkan Anda menyiapkan dana pensiun?                                    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News