HOME, Keluarga

Jangan Diulangi! Inilah Cara Mencuci Muka yang Salah

Jangan Diulangi! Inilah Cara Mencuci Muka yang Salah

MOMSMONEY.ID - Mencuci muka merupakan basic skincare routine yang tidak boleh dilewatkan.

Mencuci muka penting dibiasakan agar wajah selalu terjaga kebersihannya. Jika wajah bersih, maka jerawat dan komedo membandel enggan untuk menghampiri, sehingga kecantikan kulit wajah terjaga.

Walaupun mudah, namun masih ada saja kesalahan-kesalahan dalam mencuci muka yang kerap dilakukan oleh banyak orang.

Baca Juga: Ketahui Urutan Skincare Remaja Yang Benar Dan Tepat

Melansir Forefront Dermatology, seorang dokter kulit bersertifikat bernama Dr. Victoria Negrete mengungkapkan bahwa kegiatan cuci muka yang tidak dilakukan dengan benar justru dapat menyebabkan berbagai permasalah kulit seperti iritasi, kulit berminyak, hingga jerawat.

Perlu dicatat, inilah kesalahan-kesalahan umum dalam mencuci muka yang tidak boleh dilakukan atau diteruskan:

1. Menggunakan produk pembersih muka yang tidak sesuai

Kesalahan pertama yang sering terjadi adalah mencuci muka dengan produk yang tidak tepat. Tujuan mencuci muka memang untuk membersihkan wajah dari kotoran, makeup, hingga sel kulit mati. Meskipun begitu, tidak dibenarkan untuk menggunakan sabun cuci muka yang terlalu keras hanya demi itu. Pasalnya, sabun muka yang terlalu keras dapat menghilangkan minyak alami pada wajah serta sel-sel kulit yang masih sehat.

Selain sabun muka yang terlalu keras, menggunakan sabun yang terlalu lembut pun tidak disarankan. Karena sabun muka yang terlalu lembut mengharuskan Moms untuk menggosok wajah berkali-kali sehingga dapat membuat kulit iritasi dan kering.

2. Terlalu sering mencuci muka

Semakin sering seseorang mencuci muka, bukan berarti wajahnya akan menjadi jauh lebih kinclong. Mencuci muka terlalu sering hanya akan mengiritasi kulit dan meningkatkan produksi minyak berlebih.

Adapun frekuensi mencuci muka yang sesuai dengan standar ialah sebanyak 1-2 kali sehari.

Baca Juga: Urutan Skincare yang Benar Sebelum Pakai Makeup, Sudah Tahu?

3. Cuci muka dengan menggunakan air panas

Salah kaprah yang masih dinormalisasi oleh banyak orang adalah air panas mampu membuka pori-pori, sementara air dingin dapat menutupnya kembali. Padahal, hal tersebut hanyalah mitos belaka.

Pori-pori tidak memiliki kemampuan untuk membuka dan menutup. Oleh sebabnya, mencuci muka dengan air panas tidak akan memberikan pengaruh pada pori-pori melainkan hanya membuat kulit menjadi kering.

4. Eksfoliasi berlebihan

Melakukan eksfoliasi pada wajah memang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Namun, jika hal ini sering dilakukan maka kulit akan mengalami iritasi dan peradangan.

Lakukanlah eksfoliasi sewajarnya. Setidaknya maksimal 2 kali dalam seminggu. Jangan sampai melebihi itu.

5. Membilas wajah dengan terburu-buru

Setelah mengusapkan sabun pada wajah, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membilasnya dengan air. Membilas wajah harus dilakukan secara perlahan dan merata. Namun, tidak sedikit pula orang yang melakukannya secara tergesa-gesa.

Padahal, terlalu cepat membilas wajah dapat menyebabkan penumpukan residu sehingga berpotensi menyumbat pori-pori dan membuat kulit menjadi kering.

6. Mengeringkannya dengan menggosokkan handuk

Mengeringkan wajah yang basah dengan menggunakan handuk yang digosok-gosokkan merupakan cara yang tidak disarankan. Menggosokkan handuk ke wajah dapat membuat kulit tertarik sehingga bisa membahayakan elastin kulit. Keringkanlah wajah dengan gerakan menepuk alih-alih menggosok.

Perlu diingat pula untuk tidak berbagi handuk dengan orang lain sekali pun itu keluarga sendiri. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri.

7. Tidak menggunakan pelembab sehabis cuci muka

Untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah sehabis cuci muka, maka penting bagi Moms untuk segera menggunakan produk pelembab. Melewatkan untuk menggunakan pelembab setelah mencuci muka adalah sebuah hal yang patut disayangkan. Oleh sebab itu, segeralah gunakan pelembab sehabis mencuci muka, selagi kulit wajah masih dalam kondisi lembab.

Itulah kesalahan-kesalahan dalam mencuci muka yang paling sering dijumpai. Apabila Moms masih melakukan beberapa kesalahan tersebut, jangan diteruskan ya. Karena, kegiatan cuci muka Moms akan sia-sia jika kesalahan-kesalahan di atas masih terus dilakukan.

Selanjutnya: Cara Memilih Sabun Muka yang Cocok Berdasarkan Tipe Kulit

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News