Bugar

Jangan Disepelekan, Kenali 5 Tanda Usus Kotor Berikut Ini!

Jangan Disepelekan, Kenali 5 Tanda Usus Kotor Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Usus kotor atau tidak sehat bisa berdampak negatif pada seluruh tubuh. Sebaiknya kenali apa saja tanda usus kotor yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan tubuh.

Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan usus, seperti genetik dan bagaimana kondisi fisik secara keseluruhan, stres, dan diet yang sedang Anda jalani.

Saat usus tidak dapat bekerja dengan baik, bisa jadi ini karena muncul gangguan pada organ pencernaan tersebut atau ususmu sedang kotor dan perlu dibersihkan dengan baik.

Baca Juga: Waspadai, 5 Kondisi Ini Bisa Sebabkan Sakit Perut Bagian Bawah

Dilansir dari Everyday Health, adapun tanda usus kotor atau tidak sehat dapat dikaitkan dengan berbagai gejala di seluruh tubuh, antara lain: 

Rasa tidak nyaman pada perut

Tanda usus kotor yang pertama adalah adanya rasa tidak nyaman pada perut. Jika perut sering mengalami begah, kembung, diare, sembelit, dan sakit, ini bisa menjadi tanda iritasi usus besar.

Jurnal F1000 Research menyatakan bahwa ketidakseimbangan dalam bakteri usus yang disebut dysbiosis, dapat berperan dalam pengembangan sindrom tersebut bagi sebagian orang.

Perubahan berat badan

Tanda usus kotor lainnya adalah perubahan berat badan. Terdapat perbedaan dalam mikrobioma usus pada orang yang terlalu kurus atau gemuk.

Selain itu, melakukan diet dengan gaya barat yang tinggi lemak dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan bakteri usus yang terkait dengan obesitas.

Peningkatan nafsu makan

Tanda usus kotor yang ketiga adalah peningkatan nafsu makan. Mengonsumsi terlalu banyak makanan dengan gula tinggi bisa membuat pertumbuhan bakteri “jahat” di usus dan dysbiosis.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Bioessays menyebutkan, bahwa salah satu cara untuk mengubah kebiasaan makan adalah mengubah mikrobioma pada usus.

Baca Juga: Sering Susah Buang Angin? Waspada, Bisa Jadi Gejala Usus Buntu!

Mudah kelelahan

Tanda usus kotor yang keempat adalah mudah merasa lelah. Studi yang diterbitkan pada jurnal Microbiome menemukan bahwa orang dengan sindrom kelelahan kronis mungkin memiliki ketidakseimbangan dalam mikrobioma usus.

Iritasi kulit

Selain itu, penelitian pada jurnal Frontiers in Microbiology juga menunjukkan hubungan antara usus yang tidak sehat dan masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim.

Ini disebabkan karena mikrobioma usus memengaruhi kulit melalui mekanisme kekebalan yang kompleks.

Selain itu, studi tersebut turut menyebutkan bahwa probiotik dan prebiotik dapat membantu menyeimbangkan usus, sekaligus mengobati dan mencegah masalah kulit ini.

Itulah beberapa tanda usus kotor yang kerap disepelekan. Jika Anda mengalami salah satunya, bahkan termasuk perubahan suasana hati yang signifikan. 

Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News