HOME, Bugar

Jangan Disepelekan! Kenali 5 Gejala Utama Corona Varian Omicron

Jangan Disepelekan! Kenali 5 Gejala Utama Corona Varian Omicron

MOMSMONEY.ID - Varian virus corona Omicron, saat ini telah terdeteksi di Afrika Selatan, Inggris, Hong Kong, Belanda, Kanada, dan Australia.

Data Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan bahwa varian ini juga menyebar dengan cepat di Amerika Serikat (AS). 

Tak hanya AS, negara Inggris uga menghadapi hal yang serupa. Menurut Menteri Kesehatan Inggris, Sajid Javid, infeksi varian Omicron diperkirakan mencapai 200.000 per hari di London. 

Sejauh ini infeksi varian Omicron dikatakan ringan dalam hal gejala. Mengingat varian baru ini memiliki lebih dari 30 mutasi, para ahli pun percaya varian baru ini dapat menembus kekebalan vaksin.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan bahwa varian Omicron ini dapat mudah menginfeksi orang yang pernah tertular virus corona sebelumnya, atau pun orang yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19 penuh. 

Baca Juga: Segudang Manfaat Bayam Merah, Sumber Protein Nabati yang Baik untuk Tubuh

WHO menyatakan, gejala varian Omicron lebih ringan dibandingkan varian Delta. Meskipun gejala terlihat ringan, tapi siapa pun yang terinfeksi varian Omicron tetap perlu waspada akan gejala ini:

1. Tenggorokan gatal

Dokter asal Afrika Selatan, Angelique Coetzee, menyampaikan bahwa seseorang yang terinfeksi Omicron mengeluhkan tenggorokan gatal yang tidak biasa. Mungkin rasanya mirip dengan sakit tenggorokan, hanya saja lebih menyakitkan. 

2. Sakit tenggorokan  

Sakit tenggorokan pada Covid-19 biasanya cenderung lebih ringan dan berlangsung tak lebih dari 5 hari. Sehingga apabila sakit tenggorokan lebih lama kemungkinannya dikarenakan sebab lain. 

Data Zoe menunjukkan mereka yang terkena Covid-19 biasanya melaporkan sakit tenggorokan meskipun ini biasa terjadi pada orang dewasa. 

3. Kelelahan  

Mengutip dari India Times gejala Omicron mirip dengan varian sebelumnya, yakni Omicron dapat menyebabkan kelelahan atau kelelahan ekstrem.

Seseorang mungkin merasa lelah, mengalami energi yang rendah dan mungkin memiliki keinginan yang kuat untuk beristirahat, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa kelelahan mungkin timbul dari alasan lain dan masalah kesehatan juga. Sehingga untuk memastikan Anda perlu melakukan tes untuk memastikan kondisi.

Baca Juga: Jangan mudah percaya, ini mitos tentang makanan yang menyembuhkan Covid-19  

4. Keringat malam  

Pembaruan Departemen Kesehatan Afrika Selatan, Dokter Umum Unben Pillay menyarankan agar keringat malam dimasukkan sebagai gejala varian Omicron baru. 

Keringat malam ini muncul dengan jumlah sangat banyak sehingga pakaian dan tempat tidur menjadi basah bahkan saat berbaring di tempat sejuk.

Perlu dicatat, untuk mengetahui dengan pasti apakah seseorang terkena Covid-19 varian Omicron maka cara terbaik adalah dengan melakukan tes untuk memastikannya. 

5. Demam ringan yang hilang dengan sendirinya

Sejak awal kemunculan virus corona, demam ringan hingga sedang adalah salah satu gejala COVID-19. Namun, sebelumnya demam memiliki efek yang bertahan lama pada pengidap.

Sedangkan pada varian Omicron demam menginduksi suhu tubuh secara ringan yang membaik dengan sendirinya. 

6. Batuk kering

Batuk kering sangat mungkin terjadi pada orang yang terinfeksi varian Omicron. Hal tersebut adalah salah satu gejala yang paling umum di strain sebelumnya. 

Perlu diketahui, berbeda dengan gejala dari varian virus corona sebelumnya, infeksi varian Omicron diyakini tidak menunjukkan gejala hilangnya penciuman atau rasa dan tidak ada kasus hidung tersumbat. 

Meskipun kondisinya memprihatinkan, tapi sebaiknya jangan panik. Cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona varian apa pun  adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Jadi tetaplah mengenakan masker, rutin mencuci tangan, kurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News