Bugar

Jangan Disepelekan! Inilah Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Jangan Disepelekan! Inilah Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa penyakit jantung yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasi dan mencegahnya.

Penyakit jantung bisa jadi sangat berbahaya karena bisa menimbulkan serangan jantung dan kematian mendadak. 

Penyebab penyakit jantung pada umumnya adalah penyumbatan, peradangan, atau kerusakan pada jantung dan pembuluh darah di sekitarnya, dikutip dari Healthline. 

Semakin sering serangan jantung terjadi, maka semakin banyak juga kerusakan yang muncul di jantung dan harus segera diatasi. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat mengenali dan menghindari berbagai faktor risiko yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung.    

Dilansir dari Health Focus, berikut beberapa faktor penyebab penyakit jantung ini agar bisa mengantisipasinya, antara lain:  

Baca Juga: Moms, Ketahui 5 Penyebab Warna Lidah Menjadi Putih Ini

1. Hindari stres 

Faktor penyebab penyakit jantung yang pertama adalah harus menghindari stres. Stres yang berkelanjutan dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. 

Kondisi ini disebabkan oleh tingginya produksi hormon andrenalin dan zat katekolamin di dalam tubuh yang bisa menyebabkan serangan jantung mendadak. 

2. Hipertensi

Faktor penyebab penyakit jantung yang kedua adalah hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi memegang peran besar terhadap terjadinya penyakit jantung. 

Pasalnya, hipertensi dapat memaksa jantung bekerja lebih keras untuk mensirkulasikan darah ke seluruh tubuh.  

Akibatnya, otot jantung kiri membesar, sehingga pemompaan darah di jantung menjadi tidak lagi efisien dan dapat menyebabkan kerusakan organ vital tersebut.    

3. Kurang aktivitas bergerak 

Faktor penyebab penyakit jantung yang selanjutnya adalah kurangnya aktivitas bergerak. Aktivitas fisik yang kurang adalah salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung.  

Aktivitas fisik yang kurang akan berpotensi mengalami kegemukan. Obesitas dapat menyebabkan otot jantung tidak bergerak dengan baik, sehingga risiko penyakit jantung lebih tinggi. 

4. Obesitas 

Faktor penyebab penyakit jantung yang keempat adalah obesitas. Obesitas dapat memengaruhi kadar lipid plasma yang cenderung memperberat proses aterosklerosis. 

Aterosklerosis adalah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Obesitas juga bisa memperberat kerja jantung. 

Baca Juga: Penderita Insomnia Wajib Tahu, Ini 5 Cara Ampuh agar Bisa Cepat Tidur

5. Merokok 

Faktor penyebab penyakit jantung yang terakhir adalah merokok. Rokok mengandung nikotin dan dapat mengakibatkan berkurangnya elastisitas pembuluh darah. 

Jangan menyepelekan faktor yang menyebabkan penyakit jantung. Menjaga pola makan dan olahraga yang cukup menjadi obat yang ampuh untuk mengurangi risiko penyakit jantung.   

Itulah beberapa penyakit jantung yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisiapasi dan mencegahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News