HOME, Bugar

Jangan Disepelekan! Inilah 5 Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

 Jangan Disepelekan! Inilah 5 Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

MOMSMONEY.ID - Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga, tapi juga bisa terjadi akibat berbagai penyakit.  

Bau mulut yang disebabkan oleh penyakit umumnya memiliki bau yang khas, tergantung pada penyebabnya dan organ mana yang mengalami gangguan.   

Namun perlu diketahui, bau mulut juga bisa jadi pertanda kalau Anda tengah mengidap beberapa kondisi medis ini, dikutip dari Medical News Today.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Dilansir dari Health Focus, Inilah beberapa penyakit yang ditandai dengan bau mulut yang perlu Anda ketahui, antara lain:  

1. Sinusitis

Penyakit yang ditandai dengan bau mulut pertama adalah sinusitis. Bau mulut dapat terjadi ketika lendir yang mengandung bakteri dari hidung turun ke tenggorokan.  

Selain bau mulut, penderita sinusitis juga dapat mengalami pilek berkepanjangan, lendir hidung berwarna hijau atau kuning, demam, dan sakit kepala.   

2. Asam lambung kronis

Penyakit yang ditandai dengan bau mulut kedua adalah asam lambung kronis. Bagi pengidap asam lambung kronis, menjaga mulut agar tetap bersih adalah hal yang sangat penting.  

Karena naiknya asam lambung ke esofagus dan rongga mulut dapat menimbulkan masalah bau mulut.   

3. Diabetes

Penyakit yang ditandai dengan bau mulut ketiga adalah diabetes. Bau mulut yang muncul karena penyakit diabetes berbau seperti buah.  

Bau mulut pada penderita diabetes muncul saat jumlah insulin tidak cukup untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi, sehingga tubuh membakar lemak sebagai gantinya.  

Baca Juga: Catat! Inilah 14 Gejala Umum Radang Amandel pada Anak

4. Alergi

Penyakit yang ditandai dengan bau mulut keempat adalah alergi. Alergi yang kamu alami akan membuat tenggorokan gatal, hidung tersumbat, dan mata berair.  

Bagi Anda yang memiliki alergi, rajin bersihkan lendir dalam hidung. Hal ini agar lendir hilang dan mulut tetap bersih dan terhindar dari alergi dan bau mulut.   

5. Penyakit ginjal

Penyakit yang ditandai dengan bau mulut kelima adalah penyakit ginjal. Bau mulut mungkin berkaitan dengan penyakit ginjal apabila baunya seperti urine atau berbau amis.  

Racun dan zat sisa ini kemudian menumpuk dan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan bau urine atau amis yang dapat tercium dari mulut.   

Itulah beberapa penyakit yang ditandai dengan bau mulut yang perlu Anda ketahui. Untuk itu, menjaga kesehatan mulut yang baik sangat penting guna mencegah terjadinya bau mulut.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News