CLOSE [X]
ads

Jangan Disepelekan! Inilah 5 Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 15 Mei 2022 | 08:05 WIB
Jangan Disepelekan! Inilah 5 Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut


MOMSMONEY.ID - Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga, tapi juga bisa terjadi akibat berbagai penyakit.    

Bau mulut yang disebabkan oleh penyakit umumnya memiliki bau yang khas, tergantung pada penyebabnya dan organ mana yang mengalami gangguan.     

Namun perlu diketahui, bau mulut juga bisa jadi pertanda kalau Anda tengah mengidap beberapa kondisi medis ini, dikutip dari Medical News Today. 

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Dilansir dari Health Focus, Inilah beberapa penyakit yang ditandai dengan bau mulut yang perlu Anda ketahui, antara lain:    

1. Asam lambung kronis

Penyakit yang ditandai dengan bau mulut pertama adalah asam lambung kronis. Bagi pengidap asam lambung kronis, menjaga mulut agar tetap bersih adalah hal yang sangat penting.    

Karena naiknya asam lambung ke esofagus dan rongga mulut dapat menimbulkan masalah bau mulut.     

2. Sinusitis

Penyakit yang ditandai dengan bau mulut kedua adalah sinusitis. Bau mulut dapat terjadi ketika lendir yang mengandung bakteri dari hidung turun ke tenggorokan.    

Selain bau mulut, penderita sinusitis juga dapat mengalami pilek berkepanjangan, lendir hidung berwarna hijau atau kuning, demam, dan sakit kepala.     

Editor: Helvana Yulian

Terbaru