Bugar

Jangan Disepelekan, Inilah 5 Bahaya Terlalu Sering Makan Mi Instan

Jangan Disepelekan, Inilah 5 Bahaya Terlalu Sering Makan Mi Instan

MOMSMONEY.ID - Bahaya terlalu sering makan mi instan harus Anda waspadai karena bisa sangat berbahaya untuk kesehatan jangka panjang. 

Mi instan sendiri menjadi salah satu makanan yang dinilai sangat praktis. Berbagai jenis varian yang ditawarkan kerap membuat masyarakat tergoda untuk mencoba mi instan.

Namun, sebaiknya pastikan Anda tidak mengonsumsi mi instan terlalu sering. Ada berbagai dampak kesehatan yang berisiko Anda alami jika Anda berlebihan saat mengonsumsi mi instan.

Dilansir dari My Bharat dan Top Count, berikut ini adalah bahaya terlalu sering makan mi instan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: 5 Makanan yang Dilarang untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Picu obesitas

Penelitian yang dilakukan The Korean Nutrition Society and The Korean Society of Community Nutrition menunjukkan, obesitas adalah salah satu akibat dari kebanyakan makan mie instan.

Mi instan terbuat dari tepung terigu dengan kandungan kalori tinggi. Berdasarkan perhitungan Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan, kandungan kalori satu porsi mie instan bisa mencapai 168 kcal.

Tekanan darah tinggi

Tentunya sudah banyak masyarakat yang mengetahui bahwa di dalam mi instan terdapat kandungan garam yang sangat tinggi.

Terlalu banyak mengonsumsi garam membuat Anda berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan pada tubuh, salah satunya tekanan darah tinggi.

Jika tidak diatasi dengan baik, tekanan darah tinggi dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan, seperti serangan jantung, gangguan ginjal, gangguan mata, hingga demensia.

Menimbulkan serangan asma

Kebanyakan makan mie instan berisiko menimbulkan serangan asma, yang dipicu oleh tingginya kandungan penyedap rasa monosodium glutamat (MSG).

Penelitian dari The Journal of Allergy and Clinical Immunology melaporkan, MSG mampu memicu serangan asma pada orang-orang yang sudah memiliki penyakit ini sebelumnya.

Pada penelitian tersebut, penderita asma diuji coba dengan makanan yang mengandung MSG. Setelah 1 hingga 12 jam kemudian, mereka mengalami MSG symptom complex, asma, dan kombinasi keduanya.

Baca Juga: 4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

Sakit kepala kronis

Mengonsumsi mi instan dalam jumlah porsi yang banyak dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh kandungan garam serta MSG yang terkandung dalam mie instan.

Mengonsumsi MSG berlebihan menyebabkan sakit kepala dari yang terbilang ringan hingga yang cukup parah. Jadi, pastikan Anda mengontrol asupan mi instan agar tidak berlebihan.

Malnutrisi

Terlalu banyak mengonsumsi mi instan bisa meningkatkan risiko malnutrisi, khususnya pada anak. Menyiapkan mi instan untuk anak merupakan hal yang menarik karena dinilai praktis dan pasti disukai oleh anak.

Namun, jangan lupakan berbagai kebutuhan nutrisi yang perlu ibu penuhi agar tumbuh kembang anak berjalan secara maksimal.

Itulah beberapa bahaya terlalu sering makan mi instan yang perlu Anda waspadai dan mulai sekarang Anda bisa mengurangi mengonsumsi mi instan untuk kebaikan jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News