HOME, Bugar

Jangan Disepelekan, Ini Tanda-Tanda Pria Tidak Subur yang Perlu Anda Ketahui

Jangan Disepelekan, Ini Tanda-Tanda Pria Tidak Subur yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa tanda pria tidak subur yang bisa dikenali. Kondisi ini merupakan penyebab sperma sulit membuahi sel telur, sehingga kehamilan tidak terjadi.

Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Maka dari itu, informasi terkait kesuburan pria sangat penting untuk diketahui.

Gejala utama dari kondisi ini berkaitan dengan kualitas dan kuantitas sperma. Sebab, kualitas dan kuantitas sperma akan sangat mempengaruhi kemungkinan terjadinya pembuahan. 

Baca Juga: Moms Sedang Program Hamil? Ini 5 Cara Agar Cepat Hamil

Selain itu, dilansir dari Women Health, ada beberapa tanda pria tidak subur yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Penurunan gairah seksual 

Tanda pria tidak subur yang perlu Anda ketahui pertama adalah adanya penurunan gairah seksual. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya masalah kesuburan.

Jika Anda merasa mengalami hal ini dalam jangka waktu lama, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan dan konsultasi pada ahli kesehatan. 

2. Kesulitan mempertahankan ereksi

Tanda pria tidak subur yang perlu Anda ketahui kedua adalah kesulitan mempertahankan ereksi. Pasalnya, kondisi tersebut termasuk masalah kesuburan pria yang tidak Anda sadari.

Biasanya masalah ini berkaitan erat dengan kadar hormon reproduksi di dalam tubuh pria. 

3. Masalah pada fungsi seksual 

Tanda pria tidak subur yang perlu Anda ketahui ketiga adalah adanya masalah pada fungsi seksual. Gangguan pada fungsi seksual juga bisa merujuk pada masalah kesuburan.

Selain penurunan hasrat berhubungan seksual, waspadai juga tanda lain, seperti susah mempertahankan ereksi, sperma yang terlalu sedikit, hingga sulit untuk mencapai fase ejakulasi. 

Baca Juga: Beberapa Cara untuk Mengatasi Mandul pada Laki-Laki dan Perempuan

4. Bengkak pada area testis

Tanda pria tidak subur yang perlu Anda ketahui keempat adalah bengkak pada area testis. Salah satu tanda lain dari seorang pria yang tidak subur adalah pembengkakan pada area testis.

Ada banyak alasan kesehatan yang menyebabkan testis Anda membengkak. Akan tetapi, banyak di antara kondisi kesehatan tersebut yang berujung pada masalah kesuburan pria.

5. Ukuran yang terlalu kecil 

Tanda pria tidak subur yang perlu Anda ketahui terakhir adalah ukuran yang terlalu kecil. Ternyata, ukuran testis juga bisa menjadi tanda pria tidak subur.

Maka dari itu, kondisi kesehatan testis harus diperhatikan dan berkaitan dengan kesuburan pada pria, sehingga harus dilakukan pemeriksana medis untuk memastikannya. 

Itulah beberapa tanda pria tidak subur yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan adanya gangguan kesuburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News