Bugar

Jangan Disepelekan! Ini Tanda Awal Penyakit Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

Jangan Disepelekan! Ini Tanda Awal Penyakit Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa tanda awal penyakit gagal ginjal yang perlu Anda ketahui dan jangan disepelakan.

Penyakit gagal ginjal terjadi ketika ginjal tidak mampu menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Jika tidak segera dideteksi dan ditangani, kondisi ini memicu komplikasi yang serius. 

Itulah mengapa mengenali tanda awal dari penyakit gagal ginjal penting untuk dilakukan. Umumnya, gejala penyakit gagal ginjal sulit terdeteksi.

Pasalnya, penyakit gagal ginjal yang satu ini dimulai dari tanda yang cukup ringan dan samar dan kerap juga tidak banyak yang menyadarinya.

Seiring berjalannya waktu, kerusakan ginjal akan semakin parah terutama ketika tidak ditangani dengan tepat.  

Jika ginjal tidak mampu beradaptasi dengan kerusakan, Anda mungkin mengalami beberapa hal yang menjadi tanda awal penyakit ini.

Mengutip laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, inilah beberapa tanda awal penyakit gagal ginjal yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

1. Kelelahan

Tanda awal penyakit gagal ginjal yang pertama adalah kelelahan. Salah satu gejala penyakit gagal ginjal yang mungkin sering diabaikan oleh orang-orang adalah rasa lelah.

Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan ginjal yang menyebabkan penumpukan cairan dan limbah dalam darah. 

Akibatnya, banyak pasien penyakit gagal ginjal yang merasa lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. 

2. Mudah lelah

Tanda awal penyakit gagal ginjal yang kedua adalah mudah lelah. Penurunan fungsi ginjal secara perlahan menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah.

Hal ini membuat tubuh menjadi mudah lelah, lemah, dan mengalami kesulitan berkonsentrasi dan berlangsung dalam keseharian.

Pada beberapa kasus, kondisi ini menyebabkan anemia dan membuat tubuh selalu terasa lemah dan lunglai. 

3. Kencing berdarah

Tanda awal penyakit gagal ginjal yang selanjutnya adalah kencing berdarah. Pernahkah Anda mengalami kencing berdarah atau yang dikenal dalam istilah medis sebagai hematuria?

Jika iya, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter karena ada kemungkinan kondisi ini termasuk gejala penyakit gagal ginjal. 

Darah keluar bersamaan dengan air kencing ini menandakan saringan di ginjal tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan darah bocor ke urine. 

4. Kencing berbusa

Tanda awal penyakit gagal ginjal yang lainnya adalah kencing berbusa. Jika Anda sering mendapati gelembung atau buih saat buang air kecil, artinya urine mengandung protein.

Kondisi yang disebut proteinuria ini memang sering menjadi gejala penyakit gagal ginjal yang perlu diwaspadai. 

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Urat di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

5. Pembengkakan pada pergelangan kaki

Tanda awal penyakit gagal ginjal yang kelima adalah pembengkakan pada pergelangan kaki dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Penurunan fungsi ginjal menyebabkan terjadinya retensi natrium dan menimbulkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

Kaki, lengan, tangan, dan wajah, merupakan beberapa bagian tubuh yang paling rentan mengalami pembengkakan ketika terjadi masalah pada ginjal. 

Masih melansir situs National Kidney Foundation, pembengkakan pada bagian pergelangan kaki dapat menjadi tanda adanya penyakit jantung, penyakit hati dan masalah vena kaki kronis. 

Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas dalam waktu yang panjang, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat agar keluhan yang dapat diatasi dengan baik. 

Itulah beberapa tanda awal penyakit gagal ginjal yang perlu Anda ketahui dan jangan disepelakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News