Bugar

Jangan Disepelekan! Ini Sederet Dampak Sering Menahan Kentut

Jangan Disepelekan! Ini Sederet Dampak Sering Menahan Kentut

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa dampak sering menahan kentut yang perlu Anda ketahui, dan jangan disepelakan karena bisa membahayakan.

Menahan kentut biasanya dilakukan untuk menghindari rasa malu karena sedang berada di tempat umum atau sedang mengobrol dengan banyak orang.  

Hati-hati, jika Anda sering menahan kentut, kondisi ini bisa memicu rasa tidak nyaman, kembung, masalah pencernaan, hingga heartburn

Menahan kentut bisa membuat gas terperangkap di usus, membuatnya terus menumpuk dan memberi tekanan pada dinding usus besar sampai Anda bisa mengeluarkannya. 

Menahan kentut biasanya tidak memicu efek atau dampak kesehatan yang serius dan berbahaya. Meski begitu, melepaskan kentut lebih baik daripada terus menahannya.

Melansir dari Health Focus, inilah beberapa dampak sering menahan kentut untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain:  

Baca Juga: Moms, Kenali 5 Penyebab Sakit Perut Melilit agar Bisa Mengatasinya dengan Tepat

1. Menjadi sering sendawa

Dampak sering menahan kentut untuk kesehatan yang pertama adalah menjadi sering bersendawa. Ini karena tubuh dapat menyerap kembali gas untuk sementara waktu. 

Menurut Digestive Diseases and Sciences, gas tetap akan menemukan jalan keluar, jika tidak melalui perut yang terasa kembung, maka gas akan keluar melalui sendawa.

2. Risiko divertikulitis

Dampak sering menahan kentut untuk kesehatan yang kedua adalah risiko divertikulitis. Hasilnya, Anda akan merasa mual, muntah, sembelit, atau nyeri perut. 

Ini adalah kondisi peradangan atau pembengkakan kantong yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan, biasanya di usus besar, yang berkembang menjadi infeksi.  

Baca Juga: Selain Merelaksasi, Ini Sederet Manfaat Teh Mawar untuk Kesehatan Tubuh

3. Kembung

Dampak sering menahan kentut untuk kesehatan yang ketiga adalah kembung. 

Kembung terjadi ketika gas terperangkap di dalam usus yang membuat perut menjadi buncit. 

Tidak hanya dapat membuat Anda tampak seperti seseorang yang kelebihan berat badan, tapi juga membuatmu merasa tidak nyaman dalam berpakaian dan menjadi tidak percaya diri. 

4. Menimbulkan rasa sakit

Dampak menahan kentut yang paling sering terjadi adalah peningkatan tekanan pada usus yang bisa menjadi menyakitkan.

Rasa nyerinya bisa ringan hingga terasa menusuk dan tajam jika menahan kentut yang berlebihan.

Jika Anda mengalami masalah pada tubuh akibat terlalu sering menahan kentut, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit terdekat. 

Itulah beberapa dampak sering menahan kentut yang perlu Anda ketahui, dan jangan disepelakan karena bisa membahayakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News