Bugar

Jangan Disepelekan! Ini Pentingnya Asupan Vitamin untuk Kesehatan Tubuh

Jangan Disepelekan! Ini Pentingnya Asupan Vitamin untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Vitamin memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh. 

Vitamin bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan atau ditemukan dengan mudah pada buah-buahan dan sayur-sayuran di sekitar.  

Fungsi vitamin memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun, sangat tidak dianjurkan mengonsumsi vitamin secara berlebihan terutama untuk jenis vitamin larut lemak.

Manfaat vitamin untuk tubuh sendiri diantaranya menunjang kerja organ-organ dalam tubuh supaya bekerja lebih maksimal.

Baca Juga: Ingin Menjaga Kesehatan Otak? Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini

Vitamin sendiri memiliki banyak sekali jenis dan fungsinya. Berikut lima manfaat vitamin bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari website p2ptm Kemkes, antara lain: 

Meningkatkan mood

Saat Anda merasakan mood yang kurang baik atau merasakan gelisah yang tidak tahu penyebabnya, coba mengonsumsi buah atau sayur yang memiliki vitamin, apalagi vitamin C.

Kandungan vitamin yang dikonsumsi tubuh juga akan memengaruhi perasaan dan cenderung menstabilkan mood yang sedang kacau.   

Mengurangi pilek

Kandungan vitamin dalam buah atau makanan sehat lainnya bisa mengurangi pilek. Bukan saja mengurangi pilek tapi juga mencegahnya menjadi komplikasi yang lebih serius seperti pilek kronis yang ujungnya menjadi infeksi saluran pernafasan.   

Menjaga kesehatan mata

Jangan mengira hanya vitamin A saja yang bisa menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin apapun dalam makanan sehat mengandung khasiat yang bisa menjaga sel-sel dalam mata.   

Baca Juga: Mitos tau Fakta? Posisi Tidur Juga Berpengaruh untuk Kesehatan

Mencegah penuaan dini

Vitamin membantu menghambat sel – sel yang menua sehingga mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, vitamin sendiri menjadi populer di kalangan perempuan untuk menjaga kesehatan tubuh.  

Vitamin akan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka dan menjaga keremajaan kuli

Memperbaiki jaringan sel kulit

Radikal bebas seperti pancaran sinar matahari yang berlebihan, polusi udara, serta toxin yang terdapat dalam makanan merupakan musuh utama kesehatan kulit.

Kandungan vitamin berfungsi sebagai zat yang menangkal radikal bebas tersebut. Untuk menjaga kesehatan kulit, zat antioksidan sangatlah dibutuhkan.

Demikian lima manfaat vitamin yang harus Anda ketahui. Pastikan makanan sehat yang dikonsumsi mengandung vitamin untuk menjaga organ-organ tubuh bekerja secara optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News